Wednesday, October 20, 2021
Home Niaga Jangan Bingung Beli Barang dari Olshop Luar Negeri, Ini yang Perlu Diketahui

Jangan Bingung Beli Barang dari Olshop Luar Negeri, Ini yang Perlu Diketahui

Belanja secara online saat ini telah menjadi tren positif di kalangan masyarakat berkat kemajuan teknologi yang memudahkan akses konsumen tanpa harus beranjak dari tempat duduk di kantornya atau bahkan kasur di kamarnya.

Banyak barang yang dapat dengan mudah ditemui di sejumlah toko online (olshop) terkemuka di negeri sendiri. Akan tetapi, bagaimana jika ingin membeli barang dari luar negeri? Kebingungan kerap melanda mereka yang masih ‘hijau’ soal belanja di situs-situs besar dunia seperti eBay, Amazon, dan lain-lain. Simak beberapa hal yang mungkin bisa membantu Anda ketika akan membeli barang dari luar negeri.

Kartu Kredit

Berbelanja di olshop internasional biasanya menggunakan kartu kredit. Sangat jarang atau bahkan tidak pernah ada olshop yang menerima metode pembayaran melalui debit atau transfer bank. Mengapa? Kebanyakan olshop memproses transaksi konsumen pada waktu yang tidak bisa dipastikan. Hal ini tidak terlepas dari kurs mata uang yang digunakan.

Kurs

Anda juga harus memperhatikan kurs mata uang yang digunakan olshop pilihan Anda. Jika memesan barang melalui amazon.co.uk misalnya, Anda harus memperhatikan kurs mata uang poundsterling (GBP) yang berlaku. Perlu dicatat, kurs bisa saja berbeda pada hari seorang konsumen menyelesaikan proses pesanan dan ketika uang ditarik dari dana kartu kreditnya.

Shipping

Salah satu yang menjadi keraguan ketika membeli barang dari luar negeri adalah proses pengiriman (shipping). Bukan hanya keraguan soal biaya yang mungkin tidak sedikit, tetapi juga kepastian barang akan sampai dengan selamat. Penentuan ongkos kirim internasional sebuah olshop biasanya berbeda dengan olshop lain. Akan tetapi, secara umum, olshop akan menghitung ongkos berdasarkan berat dan jumlah item barang. Soal keselamatan barang, nah, untuk hal ini Anda memang benar-benar harus memilih olshop yang sudah terjamin reputasinya.

Pantau Kiriman

Konsumen dapat memilih kurir cepat seperti DHL atau FedEx atau layanan kurir biasa. Perlu diketahui, meski lebih murah, layanan kurir biasa memiliki kekurangan seperti waktu tempuh yang lama dan juga tidak adanya akses untuk melacak keberadaan paket. Jika Anda menggunakan kurir standar, biasanya barang Anda akan diterima melalui Pos Indonesia. Untuk estimasi pengiriman menggunakan kurir standar pun berbeda, bergantung pada negara asal barang Anda. Jika dari Eropa, kemungkinan besar barang akan sampai ke Indonesia sekitar 15 sampai 30 hari sejak pengiriman dari daerah asal. Lamanya waktu juga dipengaruhi metode pengiriman barang yang menggunakan kapal laut.

Bea Masuk dan Pajak Impor

Membeli barang dari luar negeri pastinya harus melewati pemeriksaan yang ketat. Selain itu, juga terdapat bea masuk dan pajak impor bagi barang-barang tertentu yang harganya di atas US$50. Jika nilai pabean barang Anda tidak lebih dari US$50 (termasuk ongkos), Anda tidak akan dikenakan pajak karena dikategorikan sebagai hadiah (gift). Selain itu, pastikan Anda menerima surat yang menunjukkan bahwa barang impor Anda telah lolos pemeriksaan. Surat tersebut biasanya juga akan diberikan ketika penyerahan barang dari kurir ke konsumen.

 

 

Sumber : Jangan Bingung Beli Barang dari Olshop Luar Negeri, Ini yang Perlu Diketahui

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments