Sunday, October 24, 2021
Home Travel Kuliner dan Wisata Jelajah Kuliner di Sudut Kota Solo

Jelajah Kuliner di Sudut Kota Solo

Kurang lebih seperti Yogyakarta yang sarat akan warisan budayanya, destinasi wisata di Solo juga masih didominasi oleh tempat-tempat kebudayaan dan bersejarah. Padahal, selain nilai-nilai dan warisan kebudayaan yang menjadi daya tarik kota ini, wisata kuliner Solo semestinya juga perlu diprioritaskan. Pasalnya, kota ini juga menyimpan banyak tempat wisata kuliner yang nyaman dan nikmat di sudut-sudut kotanya.

Nah, bagi Anda yang ingin pergi ke tanah Surakarta, sempatkan pula untuk menjelajahi kebudayaan kulinernya. Berikut ini adalah rekomendasi tempat wisata kuliner di Solo yang bisa Anda sempatkan untuk dikunjungi dalam perjalanan.

• Galabo Solo

Gladag Langen Bogan alias Garabo adalah sebuah pusat kuliner yang menjadi favorit masyarakat Solo, khususnya kawula muda, sejak peresmiannya 2008 lalu. Menariknya, arena kuliner ini tidak dibuka sepanjang hari, tetapi hanya saat malam. Galabo Solo bertempat di lokasi yang cukup srategis. Destinasi kuliner malam ini ada di sisi timur bundaran Gladag, sementara di sisi utaranya merupakan situs bersejarah Benteng Vastenburg.

Bisa dibilang, Galabo Solo mirip dengan pujasera. Ada banyak jenis makanan yang disajikan setiap pedagang. Anda bisa menikmati kuliner sembari bercengkrama di bangku-bangku yang ditata di sepanjang jalan. Enaknya lagi, Anda bisa bebas menikmati malam dan suasana tanpa merasa terusik dengan kehadiran pengamen.

• Serabi Notosuman

Salah satu andalan kuliner Bandung adalah surabi. Di Solo, makanan sejenis ini dinamai serabi. Jangan salah, serabi Notosuman bukanlah kuliner ‘latah’ hasil adopsi surabi bandung seperti yang banyak kita temui di daerah-daerah lain. Alih-alih meniru, Serabi Notosuman toh sudah menggoda indra pengecap para pelanggan sejak tahun 1920-an.

Anda bisa mendapatkan penganan enak ini di Jalan Mohammad Yamin no. 28 Solo. Di sini, selain mencicipi lezatnya serabi, Anda juga bisa melihat proses pembuatan olahan tepung beras ini. Berbeda dengan surabi bandung, serabi Notosuman memiliki bentuk yang cenderung lebih tipis dan lembut serta rasa santan yang sangat kuat. Selain itu, serabi ini masih menjaga keasliannya dengan menyajikan dua varian saja, yakni cokelat dan original.

• Warung Timlo Sastro

Kalau Yogyakarta memiliki ikon gudeg sebagai makanan yang menjadi ciri khasnya, maka Solo memiki Timlo. Sama seperti gudeg yang sebenarnya bisa Anda temui di mana saja di sudut kota Yogyakarta, Timlo pun mudah Anda dapatkan di mana saja. Namun jika ingin lebih afdol, datanglah ke Warung Timlo Sastro. Warung yang berada di kawasan Pasar Gede (Jalan Urip Sumoharjo) ini telah melegenda—bahkan Presiden Jokowi pun kerap mendatangi tempat ini saat di Solo.

Timlo sendiri merupakan makanan berkuah. Bisa dibilang, timlo adalah perpaduan soto dan sop. Sajian berkuah bening ini berisi irisan dadar gulung, sosis solo, suwiran daging ayam, telur pindang, bihun, ampela, dan lain-lain. Anda bisa meminta kepada penjual untuk langsung mencampurkan nasi dengan timlo atau dipisah saja. Menariknya lagi, selama menikmati sajian lezat khas Solo ini, Anda akan ditemani dengan musisi keroncong.

Itulah beberapa tempat wisata untuk memanjakan lidah dan perut Anda selama di Solo. Untuk urusan kenyamanan akomodasi selama berwisata, Anda bisa mempercayakannya pada Airy Rooms.
Ada banyak pilihan hotel murah di Solo yang Airy Rooms sediakan untuk kenyamanan Anda selama berwisata. Selain harga yang bersahabat di kantong, jaringan perhotelan yang dimiliki Airy Rooms luas dan berkelas, sehingga Anda tidak perlu khawatir soal fasilitas dan pelayanan kamar hotel.

Jadi tunggu apa lagi? Mari menjelajahi kuliner Solo bersama Airy Rooms untuk wisata yang mengesankan!

@jitunews http://www.jitunews.com/read/55393/jelajah-kuliner-di-sudut-kota-solo#ixzz4c7gNr1nq

Most Popular

Recent Comments