Tuesday, August 3, 2021
Home Nasional Jelang Lebaran BI Prediksi Transaksi Uang Elektronik di Tol Meningkat

Jelang Lebaran BI Prediksi Transaksi Uang Elektronik di Tol Meningkat

Jelang mudik lebaran 2017, Bank Indonesia memprediksi peningkatan transaksi uang elektronik di tol sebesar 30 persen dari 344.866 kendaraan pada tahun lalu menjadi 444.658 kendaraan.

Peningkatan itu juga didukung dengan fasilitas transaksi e-money. Dalam hal ini, Bank Indonesia masih melakukan uji coba penggunaan e-money di seluruh ruas pintu tol Pulau Jawa jelang mudik lebaran mendatang.

Direktur Departemen Pengawasan dan Kebijakan Sistem Pembayaran BI, Pungky Wibowo, mengatakan bahwa bank sentral telah melakukan uji coba pembayaran non-tunai di ruas tol Cipali dan Waru-Surabaya.

“Kami berharap semua kartu elektronik bisa dipakai di seluruh tol dan sudah bisa diintegrasikan sebelum lebaran,” ujarnya.

Saat ini, seluruh produk elektronik dari berbagai bank dapat digunakan di mesin pembaca sehingga nasabah bisa memanfaatkan hal tersebut untuk pembayaran jalan tol. Lembaga keuangan yang melayani pembayaran elektronik adalah Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BCA, Bank BRI, dan Bank BTN.

Sementara itu, Senior Eksekutif Vise President Teknologi Informasi Bank BNI, Dadang Setiabudi, mendukung rencana BI tersebut. Menurutnya, penetrasi keuangan akan naik dengan cara seperti itu.

“Saat ini penetrasinya baru mencapai 25%, kemungkinan naik dua kali lipat tahun ini,” katanya, dikutip dari Kontan.

 

 
Sumber : Jelang Lebaran BI Prediksi Transaksi Uang Elektronik di Tol Meningkat
Jelang Lebaran BI Prediksi Transaksi Uang Elektronik di Tol Meningkat
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments