Friday, September 24, 2021
Home MINYAK & GAS Jelang Lebaran, Pertamina Instruksikan SPBU Siaga 24 Jam

Jelang Lebaran, Pertamina Instruksikan SPBU Siaga 24 Jam

PT Pertamina (Persero) menginstruksikan sejumlah stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) strategis jalur mudik di Bali untuk beroperasi selama 24 jam untuk memenuhi kebutuhan masyarakat jelang Lebaran 2017.

Area Manager Communication and Relations Pertamina Marketing Operation Region V Jawa Timur Bali dan Nusa Tenggara, Heppy Wulansari, menjelaskan bahwa instruksi tersebut guna menjamin kebutuhan BBM para pemudik.

“Jadi kita minta SPBU untuk menjaga ketahanan stok khususnya untuk stasiun strategis di jalur mudik tujuh hari sebelum dan sesudah Lebaran melalui penambahan pemesanan atau delivery order,” ujarnya seperti di Denpasar, Sabtu (10/6).

Pertamina memprediksi peningkatan konsumsi BBM saat puncak arus mudik yang diperkirakan terjadi pada Jumat 23 Juni sebesar 4.013 kiloliter (kl) per hari atau naik 14 persen dari konsumsi normal.

Sedangkan prediksi konsumsi tertinggi arus balik pada 3-4 Juli 2017 sebesar 4.022 kiloliter per hari atau naik 15 persen dari konsumsi normal.

Untuk SPBU di jalur strategis arus mudik dan balik yang belum menyediakan layanan produk pertamax series dan pertamina dex, Happy meminta untuk menjual produk tersebut dalam bentuk kemasan.

Sementara itu, terkait kekhasan di Bali yang selain dipadati arus mudik juga arus kedatangan wisatawan domestik yang berlibur Lebaran di Pulau Dewata, Manajer Pemasaran Pertamina Cabang Bali dan NTB I Ketut Permadi Aryakuumara mengatakan bahwa pihaknya juga meminta SPBU di jalur mudik dan wisata beroperasi 24 jam.

“SPBU jalur wisata sudah kami antisipasi beberapa wilayah di Denpasar bagian selatan, Gianyar, Karangasem, Bedugul karena itu jalur mudik juga. Intinya kami memastikan tidak akan terjadi kekurangan pasokan selama momen Lebaran,” terangnya.

Sebagai informasi, penambahan pasokan BBM ini mencapai 14 persen dari total konsumsi BBM jika dilihat dari penyaluran harian di Bali mencapai kisaran 2.500 hingga 2.600 kiloliter untuk 186 SPBU di Bali. Satuan tugas yang memonitor dan memastikan pendistribusian BBM juga telah dibentuk yang mulai bertugas pada Sabtu 10 Juni hingga 11 Juli 2017.

 

 

Sumber : Jelang Lebaran, Pertamina Instruksikan SPBU Siaga 24 Jam
Jelang Lebaran, Pertamina Instruksikan SPBU Siaga 24 Jam
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments