Jelang Natal dan Tahun Baru, Harga Daging Sapi Stabil di Rp120.000 per Kg

0
46

Jakarta – Jelang Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, harga daging sapi di Pasar Minggu, Jakarta Selatan terpantau masih stabil. Salah satu pedagang daging, Ari, mengatakan harga daging sapi berada di kisaran Rp120.000 per kilogram (kg).

“Harga daging sapi sekarang Rp120.000, belum ada perubahan harga. Waktu naik terakhir saat lebaran sekitar Rp130.000, setelah itu stabil lagi sampai sekarang,” kata Ari kepada Merdeka.com, Jumat (20/12).

Sementara untuk daging kambing, dia menjelaskan, harganya stabil di kisaran Rp150.000. Sama seperti daging sapi, daging kambing terakhir naik pada saat hari raya Lebaran.

“Kalau daging kambing juga masih sama harganya, belum pernah naik lagi, harganya Rp150.000 per kilogram (kg), terakhir naik waktu Lebaran itu sampai Rp170.000,” ujarnya.

Dibanding dengan daging impor yang lebih murah dengan kisaran Rp80.000 per kilogram (kg), Ari menambahkan terlalu sulit jika harus mengimbangi harga daging impor.

“Harga daging sapi impor Rp70.000 sampai Rp80.000 per kilogram (kg), kalau harga daging lokal dibuat murah seperti harga daging impor, penjual tidak tertutup keuntungannya,” ujarnya.

Mendag Agus Akui Ada Kenaikan Harga Pangan Jelang Natal dan Tahun Baru 2020

Sejumlah komoditas bahan makanan pokok di pasar tradisional mengalami kenaikan harga, meski dalam batas toleransi. Kenaikan harga pangan ini dipengaruhi peningkatan permintaan serta pasokan yang terganggu akibat cuaca.

Hal ini disampaikan Menteri Perdagangan Agus Suparmanto saat meninjau harga dan ketersediaan kebutuhan pokok menjelang hari natal dan tahun baru di Pasar Kosambi, Kota Bandung, Jumat (20/12). Dalam kegiatan tersebut, dia didampingi Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dan Kapolda Jabar, Irjen Rudy Sufahriadi.

“Ada sedikit kenaikan di sini, saya akan koordinasikan dengan suplier, distributor, untuk menyesuaikan. Terutama pada telur ayam dan bawang ada sedikit naik, jadi kita akan lihat beberapa hari ke depan,” kata Menteri Agus.

“Justru karena Nataru hari-hari besar, sedikit naik. (Karena) sesuai permintaan dan juga situasi terutama cuaca hujan mempengaruhi (pasokan). Jadi kita lakukan penyesuaian,” dia melanjutkan.

Mendag Agus akan mengatasinya dengan menambah pasokan untuk mencukupi konsumen. Caranya, menghubungi beberapa asosiasi, suplier dan distributor. Dia mengklaim cara tersebut bisa membuat harga kembali stabil.

Dari pantauan, harga daging ayam potong yang biasanya Rp36.000 per kilogram, saat ini berada di kisaran Rp44.000 per kilogram. Sementara, untuk telur ayam yang biasanya dijual di harga Rp22.000 per kilogram, saat ini berada di kisaran Rp26.000 per kilogram.

Sedangkan, harga pangan jenis bawang merah yang biasanya Rp30.000 per kilogram, saat ini dijual di kisaran Rp40.000 per kilogram.