Saturday, July 31, 2021
Home Jitu News Jelang Puasa, Kementan Gandeng Pelaku Usaha Amankan Pasokan Daging Sapi

Jelang Puasa, Kementan Gandeng Pelaku Usaha Amankan Pasokan Daging Sapi

Kementerian Pertanian (Kementan) hingga saat ini terus mengupayakan sejumlah langkah cepat guna menjaga ketersediaan daging sapi jelang Puasa dan Lebaran. Salah satu strategi untuk menjaga pasokan daging adalah dengan menggandeng para pelaku usaha.

“Kita sudah lakukan langkah Pertemuan dengan sejumlah pelaku usaha peternakan,sebagai persiapan awal membahas ketersediaan stock sapi dan daging sapi menjelang bulan puasa dan lebaran tahun 2017,”  ujar Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan (Dirjen PKH) I ketut Diarmita seperti dalam keterangan tertulis yang diterima Jitunews.com, Selasa(11/4).

Selain itu, Kementerian Pertanian dan Kementerian Perdagangan ingin memastikan persediaan daging sapi cukup menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) tersebut, yaitu pada Bulan April, Mei dan Juni.

 

“Persiapan – persiapan dalam hal penyediaan pasokan daging sapi ini tentunya penting untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sebagai upaya menstabilkan pasokan, sehingga akan menjaga stabilisasi harga daging pada bulan-bulan tersebut, dan kita harapkan masyarakat dapat menjalankan ibadah puasa dan merayakan hari Raya Lebaran dengan tenang” ungkapnya.

Menurutnya langkah yang penting dilakukan oleh pelaku usaha adalah pelaporan stok dan realisasi pemasukan serta penjualan/distribusi secara rutin, karena hal ini akan menjadi kunci bagi pemerintah untuk mengontrol pasokan daging sapi.

“Karena informasi dari seluruh pelaku usaha menjadi penting ketika Pemerintah dituntut untuk mengambil kebijakan dalam mengatasi permasalahan seperti adanya lonjakan harga atau kelangkaan stock” tambahnya.

Ia juga berharap langkah koordinasi antara pemerintah dan pengusaha di sektor peternakan ini bisa berjalan dengan baik, sehingga upaya pemerintah dalam menjaga ketersediaan pasokan daging berjalan dengan baik dan kebutuhan masyarakat bisa terpenuhi dengan harga yang terjangkau.

@jitunews http://jitunews.com/read/56649/jelang-puasa-kementan-gandeng-pelaku-usaha-amankan-pasokan-daging-sapi#ixzz4dvLty0Cg

Most Popular

Recent Comments