Friday, January 28, 2022
Home Dunia Jelang vonis kasus pembunuhan Kim Jong-nam, Siti Aisyah berpeluang bebas

Jelang vonis kasus pembunuhan Kim Jong-nam, Siti Aisyah berpeluang bebas

Pengadilan Malaysia akan memberikan putusan akhir dalam sidang kasus pembunuhan saudara tiri Kim Jong-un, Kim Jong-nam, yang melibatkan WNI Siti Aisyah dan seorang warga Vietnam Doan Thi Huong.

Ada dua putusan yang mungkin dijatuhkan hakim, yakni apabila kedua terdakwa terbukti bersalah makan persidangan akan dilanjutkan ke pengadilan perempuan. Tetapi jika tidak, hakim akan membebaskan keduanya atau mengubah tuduhan menjadi kelalaian yang menyebabkan kematian.

Dilansir dari laman Channel News Asia, Kamis (16/8), pihak keluarga optimis dengan hasil persidangan hari ini. Mereka yakin bahwa kedua wanita tersebut tidak bersalah dalam kasus ini.

“Huong tidak akan pernah bisa jadi pembunuh karena dia adalah gadis baik dan juga pekerja keras,” kata ayah Doan kepada AFP.

Sementara itu, pengacara kedua wanita tersebut juga mengutarakan keyakinan serupa. Mereka yakin kliennya akan dibebaskan dari tuduhan pembunuhan karena jaksa belum bisa menunjukkan bukti nyata bahwa keduanya benar-benar melakukan pembunuhan atas kemauan sendiri.

Namun jika keputusan akhir salah satu atau kedua wanita tersebut tidak terbukti bersalah, mereka tidak bisa dibebaskan secepatnya. Jaksa masih dapat mengajukan banding ke pengadilan, dan pihak berwenang masih bisa menahan mereka atas tuduhan pelanggaran visa.

Sebagaimana diketahui, Aisyah dan Doan didakwa membunuh Kim Jong-nam di Bandara Internasional Kuala Lumpur pada 13 Februari 2017 dengan cara mengucapkan racun saraf VX.

Keduanya menyangkal membunuh Kim dengan sengaja dan mengaku bahwa mereka direkrut oleh empat warga Korea Utara yang mengajak mereka ikut acara prank atau jebakan lucu-lucuan.

Tanpa mereka sadari, rupanya racun yang mereka oleskan ke wajah Kim adalah sebuah zat mematikan yang bisa merenggut nyawa seseorang hanya dalam waktu sekejap. [rhm]

 

 

Sumber : Merdeka.com

Most Popular

Recent Comments