Friday, October 22, 2021
Home Jitu News Jengkol Ikut Kerek Inflasi, YLKI: Pemerintah Meremehkan Kenaikan Harga Jengkol

Jengkol Ikut Kerek Inflasi, YLKI: Pemerintah Meremehkan Kenaikan Harga Jengkol

Ketua Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), Tulus Abadi, menilai bahwa kenaikan harga jengkol yang kini berpengaruh pada inflasi bermula dari ketidakseriusan pemerintah menyelesaikan masalah kenaikan harga jengkol tersebut.

“Pemerintah kan selama ini cenderung mengabaikan tren kenaikan harga jengkol di pasar. Karena tidak ada upaya pengendalian harga, maka kenaikan terus terjadi dan berdampak pada inflasi,” kata Tulus Abadi, saat dihubungi Jitunews.com, Senin (5/6).

Lebih lanjut ia mengatakan, seandainya pemerintah sejak awal bersikap bijak dengan mengambil langkah cepat mengatasi kenaikan harga jengkol, maka tidak akan memberi sumbangan pada kenaikan inflasi.

“Seharusnya pemerintah bersikap bijak dan mengupayakan langkah pengendalian harga setiap komoditas pangan termasuk jengkol. Yang terjadi selama ini adalah pemerintah cuek dengan kenaikan harga jengkol di pasar,” imbuhnya.

Menurut Tulus, kenaikan harga jengkol di pasar saat ini lebih dikarenakan tingginya permintaan masyarakat, sementara pasokan kurang. “Petani jengkol belum masuk musim panen, sehingga pasokan ke pasar berkurang dan harga naik,” ujarnya.

Seperti diketahui, beberapa waktu lalu Badan Pusat Statistik (BPS) kembali merilis data indeks harga konsumen (IHK) teranyar. Pada bulan Mei 2017, IHK mengalami inflasi sebesar 0,39 persen. Hal yang menarik, Kepala BPS Suhariyanto, mengungkapkan, salah satu penyumbang inflasi pada bulan Mei adalah harga jengkol. Ia mengatakan bahwa sumbangan kenaikan harga jengkol kepada inflasi selama bulan Mei mencapai 0,01 persen. Namun menurut BPS sumbangsih harga jengkol itu kepada inflasi mengalami kenaikan.
Sumber : Jengkol Ikut Kerek Inflasi, YLKI: Pemerintah Meremehkan Kenaikan Harga Jengkol
Jengkol Ikut Kerek Inflasi, YLKI: Pemerintah Meremehkan Kenaikan Harga Jengkol
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments