Jepang dukung Palestina sebagai negara merdeka dan beri dana bantuan

0
314

Pemerintah Jepang dilaporkan akan segera memberikan pengakuan kepada Negara Palestina dan meningkatkan bantuan terhadap Badan Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Pengungsi Palestina (UNRWA). Langkah itu bertolak belakang dengan keputusan Amerika Serikat yang justru memangkas dana bantuan itu sejak mengakui Yerusalem sebagai Ibu kota Israel.

“Selama pembicaraan terakhir antara kedua negara, Jepang berjanji untuk mendukung Palestina dalam mempertahankan haknya dan menciptakan sebuah negara yang merdeka dengan Yerusalem sebagai ibu kotanya,” ujar pejabat senior kepresidenan, Nabil Shaath, dikutip dari laman Middle East Monitor, Selasa (6/2).

“Jepang juga berjanji untuk meningkatkan dukungan terhadap UNRWA menyusul pengumuman AS bahwa pihaknya akan mengurangi bantuan untuk Palestina,” lanjutnya.

Untuk menunjukkan komitmennya dalam mendukung Palestina, kata Shaath, Jepang mulai mengumpulkan tanda tangan anggota parlemen yang setuju Palestina menjadi negara yang berdiri sendiri dan mengirim perwakilan diplomatik ke Ramallah. Setelah itu, Jepang akan membuat pengakuan penuh terhadap Palestina.

“Sejumlah pejabat Jepang, termasuk Menteri Luar Negeri Taro Kono dan anggota parlemen lainnya telah mengumumkan dukungan mereka dalam sebuah konferensi perdamaian internasional. Mereka setuju untuk menyelesaikan konflik Israel-Palestina dengan acuan resolusi internasional,” katanya.

Sebagaimana diketahui, Jepang merupakan satu dari 128 negara yang menolak pengakuan Presiden AS Donald Trump atas status Yerusalem sebagai ibu kota Israel. Ke-128 negara tersebut mengajukan penolakan dalam sidang Majelis Umum PBB. [frh]

 

Sumber : https://www.merdeka.com/dunia/jepang-dukung-palestina-sebagai-negara-merdeka-dan-beri-dana-bantuan.html

Comments

comments