Sunday, April 18, 2021
Home Jitu News Jerman Investasikan Rp 4,4 Triliun di Sektor Panas Bumi

Jerman Investasikan Rp 4,4 Triliun di Sektor Panas Bumi

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas), melakukan kerja sama bilateral dengan anggota Negara Uni Eropa. Kerja sama tersebut untuk pembangunan infrastruktur yang berkelanjutan agar terus ditingkatkan.

Deputi Bidang Pendanaan Pembangunan Bappenas, Kennedy Simanjuntak, menjelaskan salah satu contoh kerja sama konkret dengan Negara Uni Eropa yaitu dengan Jerman untuk investasi di sektor panas bumi dengan nilai investasi mencapai 300 juta euro atau Rp 4,4 triliun.

“Jerman fokusnya kepada geothermal (panas bumi). Jadi, ada komitmen 300 juta Euro, untuk komitmennya sendiri lima tahun, lalu kita tandatangani. Tapi proyeknya yang belum dapat untuk investasi itu,” ujar Kennedy di Hotel Le Meridien, Jakarta, Selasa, (16/5).

Kennedy juga menjelaskan bahwa kerja sama bilateral ini sangat penting dilakukan. Dan yang tak kalah pentingnya adalah bagaimana meningkatkan diskusi dengan Negara anggota Uni Eropa. Hal ini harus diperhatikan seiring dengan gencarnya pemerintah untuk menggenjot pembangunan infrastruktur.

“Jadi kalau kerja sama infrastruktur memang per negara. Member state dari Uni Eropa. Ini kan juga bisa untuk platform diskusi. Jadi kan enggak mungkin investor mau di semua tempat. Kalau infrastuktur kan, ada misalnya satu negara tidak mau, negara lain mau,” cetusnya.

Selain dengan Jerman, Kennedy mengatakan bahwa kerja sama juga dilakukan dengan Inggris serta Hongaria. Dalam hal ini, Inggris tertarik dengan skema B to B (Business to Business). Sedangkan Hongaria di posisi yang belum mendapatkan proyek. Kendati demikian, hanya Jerman dan Inggris yang terlihat paling aktif melakukan kerja sama dengan Indonesia.

Sumber : Jerman Investasikan Rp 4,4 Triliun di Sektor Panas Bumi
Jerman Investasikan Rp 4,4 Triliun di Sektor Panas Bumi
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments