Thursday, December 9, 2021
Home Nasional JK Sebut Perppu 2/2017 Percepat Proses Pembubaran Ormas Anti-Pancasila

JK Sebut Perppu 2/2017 Percepat Proses Pembubaran Ormas Anti-Pancasila

Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla (JK), mengapresiasi langkah pemerintah menerbitkan Perppu Nomor 2 Tahun 2017 sebagai pengganti UU Nomor 17 Tahun 2013 tentang Organisasi Kemasyarakatan.

Menurutnya, Perppu tersebut dapat membantu pemerintah membubarkan ormas anti-Pancasila dengan lebih cepat.

“Kalau penilaiannya lewat undang-undang bisa lama nanti pembahasannya. Padahal, kondisi nasional sekarang saat ini begitu,” kata JK dalam acara Simposium Nasional MPR, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (12/7).

JK juga mengungkapkan bahwa pembubaran ormas merupakan hal biasa sehingga tidak perlu ditanggapi secara berlebihan. Perppu 2/2017 sendiri memang sengaja ditertibkan untuk menyempurnakan aturan pembentukan ormas agar tidak menyalahi Pancasila dan dasar negara.

“Biasa saja itu. Mahasiswa tidak taat aturan organisasi, perusahaan tidak sesuai dan tidak ada izin ya bisa dibubarkan. Sama saja,” katanya lagi.

Sebelumnya, pemerintah melalui Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Wiranto, telah memaparkan penerbitan Perppu Nomor 2 Tahun 2017 yang berakar dari UU Nomor 17 Tahun 2013 tentang Organisasi Kemasyarakatan.

Dalam Perppu 2/2017 tersebut terdapat dua poin tambahan yang sebelumnya tidak tercantum dalam UU 17/2013. Poin pertama terkait administrasi serta wewenang lembaga tertentu untuk memberi serta mencabut izin pembentukan ormas.

Sementara, poin lainnya terkait ajaran maupun paham yang harus dipatuhi ormas agar tidak melanggar kaidah Pancasila.

“Ada ajaran lain yang dianggap bertentangan dengan Pancasila, yakni arahan untuk mengganti Pancasila kita, mengganti eksistensi Negara Kesatuan Republik Indonesia. Itu tidak tercantum di UU lama,” ujar Wiranto.

 

Sumber : JK Sebut Perppu 2/2017 Percepat Proses Pembubaran Ormas Anti-Pancasila

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments