Wednesday, July 28, 2021
Home Nasional JK: Seperti Dokter, Mubalig yang Melanggar Kode Etik Akan Dihukum

JK: Seperti Dokter, Mubalig yang Melanggar Kode Etik Akan Dihukum

Penceramah harus memiliki kode etik. Begitulah Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (JK) meminta kepada Kementerian Agama (Kemenag) dan Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Dia menyarankan agar Kemenag serta MUI membuat kode etik bagi para mubalig dalam menyampaikan ceramah agama kepada masyarakat.

Dengan adanya kode etik, kata JK, para penceramah yang direkomendasikan suatu saat melanggar kode etik pihak organisasi mubalig dibawah MUI akan mengambil tindakan.

Seperti halnya para dokter, jika melanggar kode etik Ikatan Dokter Indonesia (IDI) bakal dihukum.

“Ada beberapa asosiasi ikatan mubalig kan di MUI banyak. Maka selayaknya ikatan atau persatuan ini dimanfaatkan untuk menseleksi keanggotaannya,” kata JK usai mengisi ceramah di Masjid Sunda Kelapa, pada hari Kamis (24/5).

Menteri Lukman Saifuddin menjelaskan MUI yang nantinya akan menyikapi nama-nama ulama yang diusulkan setelah 200 nama yang sudah dikeluarkan Kemenag.

Lukman pun menjelaskan MUI berencana akan bekerja sama dengan ormas-ormas islam yang ada dinaungan MUI untuk melanjutkan daftar tersebut.

“Oleh karenanya, kita tunggu bagaimana MUI menyikapi ini. Tentu masukan yang berkembang dalam raker ini akan jadi pertimbangan bagi, tidak hanya MUi tapi ormas islam juga,” tutur Lukman Hakim.

Sumber : JK: Seperti Dokter, Mubalig yang Melanggar Kode Etik Akan Dihukum
JK: Seperti Dokter, Mubalig yang Melanggar Kode Etik Akan Dihukum
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments