Monday, August 2, 2021
Home Nasional JK Tuntut Kebebasan Pers yang Bertanggung Jawab

JK Tuntut Kebebasan Pers yang Bertanggung Jawab

Indonesia mendapatkan kehormatan untuk menjadi tuan rumah peringatan Hari Kemerdekaan Pers Dunia (World Press Freedom Day) 2017. Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) berharap peringatan pada hari ini dapat dijadikan momentum untuk terus menjaga kebebasan pers yang bertanggung jawab.

“Di atas kebebasan pers, ada hal yang harus dipertimbangkan yaitu keadilan dan kedamaian,” kata JK pada peringatan Hari Kebebasan Pers Dunia 2017 di Jakarta Convention Center, Rabu (3/5/2017).

Dalam sambutannya, JK mengingatkan pentingnya kebebasan pers yang harus didampingi dengan aturan dan etika yang jelas, sehingga fokus insan pers tidak lagi hanya demi menghindari hukuman atau sanksi, melainkan sudah muncul rasa tanggung jawab terhadap publik itu sendiri. Selain itu, kebebasan pers haruslah mendidik masyarakat agar menjadi bangsa yang maju.

 

“Kebebasan bukan hanya sekadar kebebasan, tapi harus bermanfaat bagi kemajuan negeri,” ucap JK lagi.

Pers, lanjut JK, juga harus menjalankan perannya penegak keadilan. Perkembangan pers sendiri telah mengalami kemajuan yang cukup pesat setelah reformasi. JK menyebut ada tiga perbedaan pers pada masa dulu dan sekarang.

“Setelah reformasi ada tiga hal yang berubah, yaitu demokrasi, otonomi dan kebebasan pers. Indonesia mampu menyatukan kebebasan pers, demokrasi dan otonomi secara bersamaan.”

World Press Freedom Day diperingati setiap tanggal 3 Mei dan merupakan rekomendasi Konferensi Umum UNESCO sesi ke-26 pada tahun 1991, yang merupakan hari untuk melakukan refleksi diri terkait isu-isu kebebasan pers dan juga etika-etika profesional dalam bekerja.

 

 

Sumber : JK Tuntut Kebebasan Pers yang Bertanggung Jawab
JK Tuntut Kebebasan Pers yang Bertanggung Jawab
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments