Monday, September 27, 2021
Home Nasional Jokowi Bersikukuh Tak Mau Ganti Mobil, Setkab: Presiden Kita Penuh Kesederhanaan

Jokowi Bersikukuh Tak Mau Ganti Mobil, Setkab: Presiden Kita Penuh Kesederhanaan

Sekretaris Kabinet, Pramono Anung, mengatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) merasa mobil kepresidenan Mercedes Benz S-600 Pullman Guard-nya masih bisa digunakan. Padahal tercatat, sedikitnya sudah empat kali kendaraan dinas orang nomor satu di Indonesia itu mengalami mogok.

Pramono juga menuturkan, mogok terakhir yang dialami Presiden dengan kendaraan dinasnya saat kunjungan kerja di Kalimantan Barat pada Sabtu (18/3) lalu.

“Memang kondisi mobilnya sudah 10 tahun lebih, tapi Presiden masih merasa menganggap bahwa mobil itu masih layak digunakan. Karena beliau yang menggunakan, tentunya kami semua sudah ada yang menyarankan untuk ganti mobil, tapi Presiden tetap bertahan untuk menggunakan mobil itu,” papar Pramono, di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (21/3).

 

Lebih jauh, Pramono mengatakan, di satu sisi Jokowi memerintahkan untuk tidak membeli, tetapi lebih baik diperbaiki. Hal ini mengingat kondisinya dianggap masih bisa digunakan dalam aktivitas sehari-hari. Namun, di sisi lain, Jokowi juga meminta agar mobil-mobil Kepresidenan yang lain agar dicari.

“Bahkan Presiden menanyakan pada Paspampres apakah ada mobil lain yang dulu-dulu yang sudah kita re-build bisa kita perbaiki agar bisa dipakai. Ini menunjukkan memang Presiden kita itu penuh dengan kesederhanaan,” paparnya.

Lantas, ketika ditanya soal berapa jumlah riil mobil kepresidenan, Pramono mengaku tidak tahu. Juga soal mobil yang masih dipakai presiden sebelumnya.

“Saya enggak tahu, saya enggak tahu. Kalau bilang tahu, nanti sok tahu,” tukas Pramono.

Senada dengan Pramono, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, mengatakan, Presiden Jokowi memang selalu menolak jika ditanya pengadaan mobil dinas baru untuk kegiatannya.

“Kalau tanya Pak Presiden, selalu bilang enggak usah. Ngapain? Enggak apa-apa. Tapi, kalau urusan kayak begini enggak tahulah nanti,” kata Pratikno, di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (21/3), seperti diwartakan Antaranews.

Padahal, Pratikno sudah mengatakan ke Presiden bahwa mobil dinas yang ada saat ini sudah sangat tidak layak sehingga ada urgensi luar biasa untuk pengadaan mobil dinas bernomor polisi RI-1.

“Jadi, ya saya melihat ada urgensi luar biasa. Sangat tidak layak. Sudah beberapa kali mogok kok. Di Banjarnegara pernah mogok, di Kalimantan pernah, di Jawa Timur, Ponorogo, kalau enggak salah. Jadi, sudah ada urgensi. Cuma kalau tanya Presiden, enggak usah,” pungkas Pratikno.

@jitunews http://www.jitunews.com/read/55347/jokowi-bersikukuh-tak-mau-ganti-mobil-setkab-presiden-kita-penuh-kesederhanaan#ixzz4c1UjCBxw

Most Popular

Recent Comments