Jokowi Fokuskan Larangan Mudik dan Pengendalian Arus Balik

0
35

Presiden Joko Widodo
(dok.idj/Biro Pers Sekretariat Presiden)

Jakarta, Harmoni Media – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebutkan fokus kebijakan pemerintah untuk pekan ini dan selanjutnya adalah mengenai larangan mudik. Selain itu, pengaturan soal arus balik menjadi fokus.

“Dalam minggu ini maupun minggu ke depan, ke depannya lagi pemerintah masih akan tetap fokus pada larangan mudik dan mengendalikan arus balik,” ujar Jokowi saat membuka Ratas Penanganan Covid-19 di Istana Presiden yang disiarkan langsung lewat akun YouTube Setpres, Senin (18/5).

Jokowi meminta Kapolri dan Panglima TNI memastikan larangan mudik efektif berjalan di lapangan. Jokowi juga menambahkan, pemerintah hanya melarang aktivitas mudik, bukan melarang operasional dari angkutannya.

“Karena transportasi untuk urusan logistik, untuk urusan pemerintahan, urusan kesehatan, urusan kepulangan pekerja migran kita dan ekonomi esensial tetap masih bisa berjalan dengan protokol kesehatan yang ketat,” tuturnya.

Jokowi sebelumnya menegaskan pemerintah belum akan mengambil kebijakan pelonggaran PSBB. Saat ini hal itu masih sebatas rencana.

“Belum ada kebijakan pelonggaran PSBB. Yang sedang kita siapkan baru sebatas rencana atau skenario pelonggaran yang akan diputuskan pada timing yang tepat,” jelasnya.(Red)