Tuesday, November 30, 2021
Home Daerah Jokowi Lantik 3.103 Komcad, Prabowo: Setiap Warga Negara Wajib dan Berhak Ikut

Jokowi Lantik 3.103 Komcad, Prabowo: Setiap Warga Negara Wajib dan Berhak Ikut

Ket gbr: Dengan mengendarai Jip, Presiden Jokowi didampingi Menhan Prabowo, Cek Kesiapan Pasukan Komponen Cadangan (Komcad). Hari ini Jokowi menetapkan 3.103 Komcad bersama Prabowo di Pusdiklatpassus Kecamatan Batujajar Kabupaten Bandung Barat, Kamis 7 Oktober 2021. Foto: tangkapan layar Kanal Youtube Sekretariat Presiden. 

Harmonimedia – Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Kamis 7 Oktober 2021, hadir dan secara resmi menetapkan pembentukan Komponen Cadangan (komcad) 2021 pada acara yang berlangsung di Pusdiklatpassus, Batujajar, Bandung Barat.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi mengatakan bahwa TNI sebagai Komponen Utama selalu siaga, tetapi perlu didukung oleh Komponen Cadangan dan Komponen pendukung.

Itulah sistem pertahanan yang bersifat rakyat semesta, yang melibatkan seluruh warga negara, wilayah dan sumber daya nasional lainnya.

Masa Aktif Komcad 2021

Dalam pidatonya, Presiden Jokowi menyebutkan bahwa masa aktif Komponen Cadang tidak setiap hari, tidak setiap saat.

“Masa aktif Komponen Cadangan hanyalah pada saat mengikuti pelatihan dan saat mobilisasi serta harus selalu siaga jika dipanggil negara.” Lanjut Presiden Joko Widodo.

Dalam sambutan sebelumnya, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto melaporkan  setiap warga negara Indonesia memiliki hak dan kewajiban dalam usaha pertahanan dan kemanan negara.

Hak dan Kewajiban Warga Negara

“Setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara sebagai mana telah diamanatkan dalam UUD 1945.” ucap Prabowo Subianto.

Komponen Cadangan 2021 yang telah ditetapkan Presiden Jokowi, menurut Menteri Pertahanan  Prabowo Subianto berjumlah 3.103 orang yang terdiri dari:

Rindam Jaya 500

Rindam III Siliwangi 500

Rindam IV Diponegoro 500

Rindam V Brawijaya 500

Rindam XII Tanjungpura 499

Universitas Pertahanan 604

Adapun Komcad merupakan program yang dicanangkan Kementerian Pertahanan.

Komcad adalah program sukarela atau tidak wajib yang diamanatkan oleh UU Nomor 23 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional untuk Pertahanan Negara (PSDN).

Mobilisasi Komponen Cadangan hanya bisa dilakukan oleh Presiden atas persetujuan DPR RI, dan di bawah kendali Panglima TNI.

Siang harinya, Jokowi hari ini dan rombongan dijadwalkan akan kembali ke Jakarta.

red

 

Most Popular

Recent Comments