Monday, January 24, 2022
Home DKI Jakarta Jokowi Sebut Indonesia Salah Satu dari 5 Negara yang Berhasil Kendalikan Covid-19...

Jokowi Sebut Indonesia Salah Satu dari 5 Negara yang Berhasil Kendalikan Covid-19 di Level 1

Harmonimedia – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, Indonesia saat ini menjadi satu dari lima negara di dunia yang dinyatakan berhasil mengendalikan pandemi Covid-19 pada level 1.

Menurut dia, keberhasilan ini menunjukkan kemampuan Indonesia dalam menghadapi tantangan melalui sikap gotong-royong.

“Kita telah berhasil menjadi satu dari lima negara di dunia yang berhasil mengendalikan pandemi Covid-19 pada level 1. Hal ini menunjukkan kemampuan bangsa kita dalam menghadapi tantangan yaitu dengan gotong-royong dan memanfaatkan tantangan itu sebagai peluang,” ujar Jokowi saat memberikan sambutan Peresmian Pembukaan Kongres Dewan Pengurus Pusat Persatuan Alumni Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (DPP PA GMNI) Tahun 2021 yang disampaikannya secara virtual, Senin (6/12).

Adapun lima negara yang dimaksud Jokowi yakni Indonesia, China, India, Jepang, dan Taiwan. Kelima negara ini telah masuk status level 1 penularan Covid-19 di dunia.

Dia pun mengungkapkan salah satu strategi yang membuat Indonesia mampu mengendalikan pandemi, yakni saat berbagai negara di dunia melakukan lockdown, Indonesia justru tidak melakukannya.

“Kita dengan teliti mengendalikan pandemi dan ekonomi harus digerakkan secara hati-hati,” ucap Jokowi.

“Disrupsi ini harus kita manfaatkan sebagai peluang, ini ada peluang. Tatkala dunia berhenti sejenak, kita harus tetap maju bergerak,” kata dia.

Kepala Negara juga menyinggung peran Indonesia sebagai pemegang Presidensi G20 pada 2022.

Momentum ini menurutnya harus dimaksimalkan untuk menunjukkan kepemimpinan Indonesia di dunia internasional.

Selain itu, menegaskan kepemimpinan Indonesia untuk mewarnai arah dunia dan memperjuangkan kepentingan negara-negara berkembang.

“Perjuangan ini adalah seperti perjuangan Bung Karno ketika mendukung perjuangan negara-negara jajahan untuk memperoleh kemerdekaan,” tutur Jokowi.

“Perjuangan ini seperti perjuangan Bung Karno dalam memimpin negara-negara Asia Afrika. Sekarang ini kita memimpin negara-negara terkaya dunia untuk membangun dunia yang lebih baik, yang lebih berkeadilan bagi kita semua bagi masyarakat masa depan dunia,” kata dia.

Sebelumnya, pemerintah melaporkan penambahan 196 kasus Covid-19 dalam 24 jam terakhir yang tersebar di 25 provinsi.

Sementara itu, secara kumulatif, kasus sembuh dari Covid-19 bertambah 298 kasus, sehingga totalnya menjadi 4.106.292 kasus.

Kemudian, ada penambahan empat kasus kematian akibat Covid-19. Dengan demikian, pasien Covid-19 meninggal dunia jadi 143.867 jiwa.

red

 

Most Popular

Recent Comments