Jonan Sebut Pembangunan Jargas Sebagai Bentuk Efektivitas APBN

0
696

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan, meresmikan 24 ribu jargas (jaringan gas) di Kota Surabaya, Minggu (7/5).

Menurut Jonan, pembangunan jargas ini wujud nyata efektivitas Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang harus dirasakan langsung oleh masyarakat.

“Sesuai arahan Presiden RI, dana APBN harus digunakan untuk membangun sesuatu yang memang dibutuhkan oleh masyarakat, misalnya pembangunan jaringan gas ini. Prioritasnya bagi rumah sederhana, rusun sederhana, dan daerah-daerah yang jauh lebih membutuhkan penghematan,” ujar Jonan dalam sambutannya.

Penyediaan jargas untuk rumah tangga di Kota Surabaya ini, lanjut Jonan, diperuntukkan bagi 24.000 Sambungan Rumah (SR) melalui pendanaan APBN tahun 2016 senilai Rp 221,9 miliar. Pembangunan ini merupakan kelanjutan dari program sebelumnya yang dibangun tahun 2009 sebanyak 2.900 SR.

Jonan menilai, pemanfaatan jargas ini tentunya akan menghemat pengeluaran rumah tangga dibandingkan tabung LPG 3 kg. Dan masyarakat dapat menghemat hingga 36% dibandingkan penggunaan LPG 3 kg.

“Rata-rata, tiap rumah tangga hanya perlu mengeluarkan sekitar Rp. 36 ribu per bulan jika menggunakan gas bumi. Kalau pakai LPG 3 kg, diperlukan biaya Rp. 52-57 ribu per bulan. Jargas ini juga akan menghemat subsidi LPG 3 kg dalam APBN. Ini sama juga dengan upaya penghematan nasional atas subsidi kira-kira Rp. 1,5 miliar per bulan atau Rp. 18 miliar per tahun,” terangnya.

Keberadaan jargas ini diharapkan Jonan akan mampu untuk mempermudah para ibu rumah tangga dalam menjalankan kebutuhan berumah tangga.

“Jadi ibu-ibu tidak perlu khawatir mau masak jam berapa pun, karena gasnya nggak akan habis, 24 jam mengalir. Harganya pun jauh lebih hemat kira-kira Rp15.000 sampai Rp20.000 per bulan,” paparnya.

Sebagai informasi, pasokan gas untuk jargas Kota Surabaya ini berasal dari PT Pertamina Hulu Energi (PHE) West Madura Offshore dengan alokasi sebesar 0,6 mmscfd. Total panjang pipa yang dibangun untuk mengalirkan gas ke 24.000 SR tersebut mencapai lebih dari 196 kilometer (km) mencakup Surabaya bagian Timur, Tengah dan Selatan.

Selain di Surabaya, jargas yang dibangun Pemerintah melalui penugasan ke PGN dan siap digunakan masyarakat juga ada di beberapa daerah lainnya, seperti Batam dan Tarakan. Total 49.000 SR jargas dibangun PGN tahun 2016.

@jitunews http://jitunews.com/read/58208/jonan-sebut-pembangunan-jargas-sebagai-bentuk-efektivitas-apbn#ixzz4gYXrR5li

Sumber : Jonan Sebut Pembangunan Jargas Sebagai Bentuk Efektivitas APBN
Jonan Sebut Pembangunan Jargas Sebagai Bentuk Efektivitas APBN
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here