Monday, October 18, 2021
Home Nasional Kakak Beradik 'Aktivis 212' yang Dituduh Makar, Bebas

Kakak Beradik ‘Aktivis 212’ yang Dituduh Makar, Bebas

Dua terpidana dengan tuduhan makar, Rizal Kobar dan Jamran, akhirnya menghirup udara bebas, Jumat (16/6). Keduanya bebas dari Lembaga Pemasyarakatan (LP) Cipinang, Jakarta Timur, Jumat (16/6) lalu.

a kakak beradik ini, Bang Jamran dan Bang Rizal. Akhirnya mereka dibebaskan setelah menjalani masa hukuman selama 6 bulan 15 hari sesuai dengan putusan hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel),” tutur kuasa hukumnya, Ali Lubis dalam keterangannya, Senin (19/6).

Lebih jauh, Ali juga mengingatkan kliennya agar berhati-hati dalam bermain di media sosial.

“Harapannya terhadap mereka berdua tentunya adalah agar ke depan lebih berhati-hati lagi dalam menggunakan media sosial,” kata Ali.

Ali melanjutkan, usai dibebaskan, keduanya mendatangi Masjid Raya Al-Husna di Tanjung Priuk, Jakarta Utara (Jakut).

“Mereka disambut oleh keluarga dan para sahabat, termasuk beberapa tokoh masyarakat Jakut,” kata Ali.

Diwartakan sebelumnya, Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan memutuskan Jamran dan Rizal Kobar, bersalah. Kedua terdakwa pidana ujaran kebencian itu divonis 6 bulan 15 hari penjara. Dan, selain hukuman kurungan penjar,a hakim juga membebankan denda sebesar Rp 10 juta.

Vonis itu sebenarnya lebih ringan dibandingkan tuntutan Jaksa, Rabu (24/5). Pada persidangan sebelumnya Jaksa menuntut Rizal dengan hukuman satu tahun penjara, sedangkan Jamran dituntut 10 bulan penjara.

Menurut jaksa, Rizal dan Jamran terbukti menyebarkan kebencian bernada SARA (melalui media sosial. Penyebaran dianggap dilakukan secara berulang dan sistematis. Perbuatan itu, dinilai jaksa, melanggar Pasal 28 ayat 2 Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE).

Dalam tuntutan, jaksa Payaman menjelaskan, penyebaran kebencian dilakukan melalui akun Twitter @BacotIwan. Objek yang disasar pun selalu kepada Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

Jamran dan Rizal merupakan dua orang dari 10 orang yang ditahan polisi pada 2 Desember 2016 atas dugaan makar. Jamran ditangkap di Hotel Bintang Baru, sementara Rizal ditangkap di Gambir, Jakarta Pusat. Namun, seiring berjalannya waktu, tuduhan kepada dua Rizal dan Jamran berubah dari tuduhan makar. Mereka dituduh menyebarkan kebencian di media massa kepada Ahok.

 

 

Sumber : Kakak Beradik ‘Aktivis 212’ yang Dituduh Makar, Bebas
Kakak Beradik ‘Aktivis 212’ yang Dituduh Makar, Bebas
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments