Tuesday, July 27, 2021
Home Nasional Kandasnya Kapal Pesiar Caledonian Sky Berbuah Kerusakan

Kandasnya Kapal Pesiar Caledonian Sky Berbuah Kerusakan

Ketua Eco Diver Journalists (EDJ) Jekson Simanjuntak mengatakan, peristiwa kandasnya kapal pesiar Caledonian Sky telah menyebabkan kerusakan terumbu karang hingga ratusan ekosistem laut lainnya di Rata Ampat.

Pasalnya, insiden itu telah mengakibatkan kehancuran habitat ekosistem struktural dan menghilangkan keanekaragaman delapan jenis karang yang ada di Raja Ampat, termasuk acropora, porites, montipora, dan stylophora.

“Selama ini, kawasan perairan Raja Ampat memang terkenal sebagai lokasi wisata dengan minat khusus, seperti menyelam, karena merupakan kawasan karang terbaik kelas dunia yang dimiliki Indonesia. Sedikitnya terdapat 537 spesies karang di perairan itu,” demikian kata Ketua Eco Diver Journalists, Jekson Simanjuntak seperti dalam keterangan tertulis yang diterima Jitunews.com, Rabu (15/3).

 

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa kawasan perairan Raja Ampat yang terletak di Kabupaten Raja Ampat merupakan salah satu kabupaten di Papua Barat hasil pemekaran dari Kabupaten Sorong sejak 2003 lalu. Terdapat kurang lebih 610 pulau di daerah ini, meski hanya sekitar 35 pulau yang ditempati. Di antaranya adalah 4 pulau utama di kabupaten ini yaitu, Waigeo, Batanta, Salawati dan Misool.

Sebagai daerah kepulauan dengan 85 prsen luas daerahnya merupakan lautan, Raja Ampat memiliki banyak kekhasan, yang menjadi daya tarik tersendiri. Contohnya, untuk jumlah fauna ikan karang yang mencapai sedikitnya 1427 spesies. Jumlah tersebut menunjukkan angka tertinggi dalam keanekaragaman hayati laut dibandingkan dengan wilayah lain dengan luasan yang sama di dunia.

Adapun spesies unik yang bisa dijumpai pada saat menyelam di perairan Raja Ampat diantaranya, beberapa jenis kuda laut katai, wobbegong, dan pari Manta. Juga ada ikan endemik Raja Ampat, yaitu Eviota raja, yaitu sejenis ikan gobbie.

Kini, dampak yang ditimbulkan oleh Kapal Caledonian Sky telah menyisakan persoalan lingkungan yang serius. Setidaknya dibutuhkan waktu lama untuk memulihkan kawasan tersebut seperti semula.

“Pasti akan membutuhkan waktu yang cukup lama lagi untuk bisa memulihkan ekosistem laut yang sudah rusak,” demikian katanya.

Ia juga meminta pemerintah melakukan penegakan hukum yang serius dan transparan terhadap pelanggaran yang dilakukan oleh kapal pesiar Caledonian Sky sesuai UU 32/2009 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup. Pasalnya, kendati perusahaan asuransi bersedia untuk membayar kerusakan lingkungannya, namun hal tersebut tidak dapat menghilangkan aspek pidana terhadap kapal pesiar Caledonian Sky.

@jitunews http://www.jitunews.com/read/54943/kandasnya-kapal-pesiar-caledonian-sky-berbuah-kerusakan#ixzz4bNvGaRYo

Most Popular

Recent Comments