Saturday, May 28, 2022
Home Nasional Kantor LBH Dikepung Massa, Teriak 'Ganyang PKI'

Kantor LBH Dikepung Massa, Teriak ‘Ganyang PKI’

Ketua Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI), Asfinawati mengatakan sejumlah massa mengepung kantor YLBHI sekitar pukul 22.00 WIB pada Minggu (17/9).

“Massa berorasi dan menggerak-gerakkan pagar,” kata Asfinawati, Minggu (17/9).

Polisi sudah berjaga di sekitar kantor saat massa sudah mengepung. Orang yang jumlahnya tidak sedikit itu mengenakan pakaian beremblem LBS.

“Massa memakai emblem LBS mengepung kantor YLBHI dan polisi dipimpin Kapolsek Menteng mengancam akan menyerbu masuk untuk membubarkan massa yang berkumpul di Gedung YLBHI,” katanya.

Hingga dini hari massa terus berdatangan dan berteriak ‘ganyang PKI’. Mereka terus berteriak di depan pintu masuk LBH Jakarta yang tertutup rapat. Banyak polisi yang berjaga di luar, dan aktivis juga pegiat HAM berada di dalam kantor.

Pada hari Sabtu (16/9) sejumlah orang mendatangi kantor YLBHI untuk memprotes rencana berlangsungnya seminar membahas kekerasan yang terjadi di Indonesia selama 1965 hingga 1966.

Kapolres Jakarta Pusat, Kombes Suyudi yang berada di lokasi mencoba menenangkan massa. Dirinya memastikan tidak kegiatan berbau PKI di geudng LBH.

“Membahas PKI itu tidak benar, saya harus sampaikan yang sebenarnya, judulnya adalah pelurusan tentang fakta tahun 65,” kata Kombes Suyudi, Senin (18/9).

Kapolres mengakui bahwa seminar membahass sejarah 1965 yang diadakan sejak Sabtu (16/9) tidak mengantongi izin dari kepolisian.

“Kegiatan tadi dilanjutkan aksi seni, bukan aksi seminar. Dan saya pun, bapak Kapolda dan jajaran ada di dalam sana untuk menyaksikan kegiatan tersebut,” jelasnya.

“Mereka hanya sedikit, di dalamnya hanya 20 sampai 30 orang. Mereka khawatir untuk keluar. Paham situasi ini, yang penting kegiatan di dalam, tidak ada egiatan yang bernuansa PKI,” tegas Suyudi.

Sumber : Kantor LBH Dikepung Massa, Teriak ‘Ganyang PKI’
Kantor LBH Dikepung Massa, Teriak ‘Ganyang PKI’
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments