Friday, July 30, 2021
Home Nasional Kapolri Ungkap Dalang Kerusuhan Mako Brimob dan Aksi Terorisme Belakangan Ini

Kapolri Ungkap Dalang Kerusuhan Mako Brimob dan Aksi Terorisme Belakangan Ini

Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengatakan aksi teror yang terjadi di mako Brimob Kelapa Dua, Mapolda Riau, dan juga ledakan bim di Surabaya dilakukan oleh satu kelompok teror yang sama.

“Aksi di Surabaya terkoneksi penyerangan di Polda riau dan insiden Mako Brimob dilakukan kelompok JAD (Jamaah Ansharut Daulah) yang memiliki afiliasi ISIS di Suriah,” kata Kapolri di Kantor Presiden, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Selasa (22/5).

Dalam penindakan pada tanggal 13-21 Mei 2018, polisi bekerja sama dengan TNI telah menangkap 74 orang, 14 diantaranya meninggal karena melawan saat ditangkap.

“Di Jawa Timur (ditangkap) 31 orang. Jabar delapan orang, Banten 16 orang, Sumsel empat orang, Riau sembilan orang, Sumatera Utara enam orang. Barang bukti yang disita: bom siap pakai dan bahan peledak lainnya,” ujarnya.

“Kemudian ada juga baterai, switch dan lain-lain. Kita lihat bahwa dalam rapat tadi saya sampaikan ke presiden dan kepala BIN, BNPT Menkopolhukam perlu dilaksanakan upaya komprehensif (penanganan aksi teror),” jelasnya.

Tito mengatakan, Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf kalla (JK) mendukung penanganan teror secara komprehensif melibatkan pemerintah dan masyarakat.

“Mulai kajian kurikulum, masalah pentingnya untuk membendung terorisme dengan ideologi lain secara intens seperti Pancasila dan lain-lain. Kemudian juga stakeholder lain lewat pengembangan dan pendekatan humanis,” sebutnya.

“(Selain itu) Memberikan penerangan kepada mereka untuk meluruskan ideologi terorisme yang bukan hanya melibatkan pemerintah tapi juga masyarakat,” sambung Tito.

Sumber : Kapolri Ungkap Dalang Kerusuhan Mako Brimob dan Aksi Terorisme Belakangan Ini
Kapolri Ungkap Dalang Kerusuhan Mako Brimob dan Aksi Terorisme Belakangan Ini
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments