KAPUSHIDROSAL TERPILIH SEBAGAI VICE CHAIR TRDC-BOD EAHC

0
36

Kepala Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut (Kapushidrosal)  Laksamana Muda TNI Dr. Ir. Harjo Susmoro, S.Sos., S.H., M.H terpilih sebagai Vice Chair Training Research and Development Committee-Board of Directors  (TRDC-BOD) The East Asia Hydrographic Commission (EAHC)  pertemuan  TRDC-BOD EAHC di Prama Sanur Beach,  Bali.

Pada pertemuan tersebut Kapushidrosal secara aklamasi terpilih sebagai Vice Chair periode 2019-2022. Sementara Chairman TRDC-BOD dipegang oleh  Chief Hydrographer  Korea Selatan, yang sebelumnya menjabat sebagai Vice chairman menggantikan posisi Chief Hydrographer Singapura yang sebelumnya sebagai Chairman.

Terpilihnya Kapushidrosal sebagai Vice Chair, merupakan suatu kehormatan bagi Indonesia dan wujud kepercayaan internasional atas peningkatan kiprah dan peran Pushidrosal baik di level nasional, regional maupun internasional.

Salah satunya adalah keberhasilan Pushidrosal dalam menyelenggarakan berbagai kegiatan internasional, di antaranya “Training in Hydrographic Survey for Disaster Management and Relief” di Jakarta tahun 2017, “Training in The Use of GNSS for Tide Correction for Survey”,  di Jakarta tahun 2018, serta laporan rencana training pada tahun 2019 yang juga akan dilaksanakan di Pushidrosal dengan materi “Training in Maritime Safety Information (MSI), yang  rencana dilaksanakan pada Agustus 2019 di Jakarta, yang akan diikuti oleh peserta dari anggota EAHC.

TRDC-BOD adalah suatu organisasi di bawah struktur organisasi The East Asia Hydrographic Commission (EAHC) yang dibentuk untuk mendukung program pelatihan dan riset bagi negara – negara anggota International Hydrographic Organization (IHO) di kawasan Asia Timur.

Pada pertemuan TRDC BOD di Bali ini diikuti oleh dihadiri oleh 9 negara anggota EAHC yaitu Indonesia, Malaysia, Singapore, Malaysia, Jepang, Korea Selatan, China, Hongkong China, Brunei Darussalam, Thailand, Filipina, serta beberapa  negara observer yaitu Amerika Serikat, Inggris, Kamboja dan Vietnam, serta   President IHO  Dr. Mathias Jonas.

 

Sumber : https://www.tnial.mil.id/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/54715/Default.aspx

Comments

comments