Tuesday, July 27, 2021
Home Nasional Kasus Century, Setelah Namanya Disebut Lagi Ini Komentar Boediono

Kasus Century, Setelah Namanya Disebut Lagi Ini Komentar Boediono

Nama Boediono masuk dalam putusan praperadilan yang diajukan LSM Masyarakat Antikorupsi Indonesia (MAKI) yang memerintahkan KPK untuk melakukan penyidikan dan penetapan tersangka padanya.

Menanggapi hal itu, mantan Gubernur Bank Indonesia (BI) ini memberikan komentarnnya.

Ia menyatakan akan menyerahkan penanganan kasus Bank Century kepada penegak hukum yaitu KPK.

“Kalau mengenai aspek hukum, saya menyerahkan semuanya kepada penegak hukum dan saya sepenuhnya percaya pada kearifan beliau-beliau ini,” kata Boediono usai mengisi orasi ilmiah di Auditorium Juwono Sudarsono FISIP UI, Depok, pada hari Jumat (13/4).

Sebelumnya, dalam putusan praperadilan yang diajukan LSM Masyarakat Antikorupsi Indonesia (MAKI), Boyamin Saiman, Komaryono dan Rizky Dwi Cahyo bernomor 24/Pid.Pra/2018/PN JKT.SEL Tahun 2018, memerintahkan melakukan penyidikan dan penetapan tersangka kepada Boediono, Muliaman D Hadad, Raden Pardede dkk.

“Memerintahkan termohon untuk melakukan proses hukum selanjutnya sesuai dengan ketentuan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku atas dugaan tindak pidana korupsi Bank Century dalam bentuk melakukan penyidikan dan menetapkan tersangka terhadap Boediono, Muliaman D Hadad, Raden Pardede dkk (sebagaimana tertuang dalam surat dakwaan atas nama terdakwa Budi Mulya) atau melimpahkannya kepada Kepolisian dan atau Kejaksaan untuk dilanjutkan dengan penyelidikan, penyidikan dan penuntutan dalam proses persidangan di Pengadilan Tipikor Jakarta Pusat,” kata hakim Effendi Mukhtar dalam putusan pada hari Senin (9/4).

Soal putusan praperadilan ini, Wakil Ketua KPK, Basaria Panjaitan, mengatakan pihaknya masih mempelajari putusan tersebut.

KPK akan menindaklanjuti putusan dengan lebih dulu memanggil ahli.

Karena untuk menaikkan status hukum seseorang sebagai tersangka dibutuhkan alat bukti yang cukup.

 

Sumber : http://www.jitunews.com/read/78074/kasus-century-setelah-namanya-disebut-lagi-ini-komentar-boediono?halaman=2

Most Popular

Recent Comments