Friday, September 24, 2021
Home Nasional Kasus First Travel, JK: Risiko Mau Percaya yang Murah

Kasus First Travel, JK: Risiko Mau Percaya yang Murah

Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla (JK), angkat bicara soal kasus yang menjerat biro perjalanan PT First Anugerah Karya Wisata atau First Travel. Ia menyayangkan masyarakat menjadi kurang selektif dalam memilih biro umrah hanya karena tergiur promosi harga murah.

Terkait hal tersebut, JK menyampaikan Pemerintah dalam hal ini bukan merupakan pihak yang harus bertanggung jawab. “Ini risiko masing-masing kenapa mau percaya dengan yang murah,” kata JK di kantor wakil presiden, Selasa (22/8).

Menurutnya, beban tanggung jawab tetap harus dilimpahkan ke First Travel, selaku pihak yang telah mengakibatkan kerugian besar baik secara finansial maupun moral terhadap para calon jemaah.

 

“Harusnya siapa yang terima duit, itu yang ganti kan? Masa Anda yang tidak terima duit mesti ganti. Siapa yang terima duit?” ujarnya.

Ia pun berharap masyarakat dapat belajar dari kejadian First Travel tersebut dan berhati-hati memilih biro perjalanan lantaran tidak semuanya cukup kapabel untuk menyelenggarakan program ibadah umrah maupun haji.

Sementara itu, Kementerian Agama (Kemenag) diharapkan ke depannya mampu menetapkan batasan yang jelas biaya ibadah ke Tanah Suci, untuk mengantisipasi upaya penipuan berkedok serupa First Travel.

“Sebenarnya semua ada aturannya, travel untuk umrah itu harus terdaftar, harus dicek semuanya. Tidak semua travel itu bisa laksanakan umrah. Karena harus juga punya hubungan, terdaftar juga di Arab Saudi,” katanya.

Sumber : Kasus First Travel, JK: Risiko Mau Percaya yang Murah
Kasus First Travel, JK: Risiko Mau Percaya yang Murah
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments