Monday, October 25, 2021
Home Jitu News Kata Pengamat Tentang Penyebab Ahok-Djarot Kalah

Kata Pengamat Tentang Penyebab Ahok-Djarot Kalah

Dirilisnya video kampanye bernuansa SARA di media sosial dua pekan sebelum pemungutan suara putaran kedua, disebut pengamat politik Ubaidillah Badrun, sebagai ‘biang kerok’ anjloknya suara Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat.

Ubaidillah menilai, munculnya video tersebut sangatlah fatal, karena pada video kampanye Ahok-Djarot itu menampilkan ‘adegan’ umat Islam intoleran.

“Vdeo kampanye yang menggambarkan umat Islam yang keras dan intoleran tersebut justru meningkatkan militansi pemilih muslim Jakarta karena umat merasa disudutkan,” tukas Ubaidillah di Jakarta, Rabu (19/4).

Lebih jauh, Ubaidillah pun menilai bahwa video kampanye Ahok-Djarot tersebut merupakan blunder di detik-detik akhir masa kampanye.

“Ini mengingatkan warga muslim terhadap Ahok dalam kasus Al Maidah 51. Ahok-Djarot nampaknya lupa temuan riset bahwa 65 persen warga muslim Jakarta memilih karena faktor agama,” tutup Ubaidillah.

Berbeda dengan Ubaidillah, pengamat politik Denny JA mengatakan, kekalahan Ahok-Djarot justru disebabkan oleh karena pembagian sembako yang dibagikan secara masif ke berbagai penjuru Jakarta.

“Kita tak tahu siapa yang melakukannya, tapi media mem-frame dengan data-data dan berita dan foto itu dilakukan oleh Tim yang mendukung Ahok,” kata Denny JA, Rabu (19/4).

Menurut Denny, pemilih Jakarta ternyata tidak memberi respon positif terhadap gerilya sembako, kemungkinan hanya sebagian kecil publik menengah ke bawah yang senang menerima sembako, tapi publik majority yang mendengar isu ini tidak senang.

“Di situlah blundernya, itu blunder electoral membuat satu tindakan yang menyalahi aturan ternyata mendatangkan sedikit tambahan tapi juga mendatangkan lebih banyak mereka yang pergi, akibatnya ini jadi blunder,” papar Denny.

@jitunews http://jitunews.com/read/57152/kata-pengamat-tentang-penyebab-ahok-djarot-kalah#ixzz4eleE00dA

Most Popular

Recent Comments