Monday, September 27, 2021
Home Nasional Keberagaman Indonesia Jadi Tema Peringatan Hari Film Nasional Tahun Ini

Keberagaman Indonesia Jadi Tema Peringatan Hari Film Nasional Tahun Ini

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Pemerintah melalui Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (kemdikbud) bekerja sama dengan Badan Ekonomi Kreatif dan Perum Perusahaan Film Negara (PFN) menyelenggarakan peringatan Hari Film Nasional yang dirayakan setiap tanggal 30 Maret.

Tema yang diusung tahun ini adalah ‘Merayakan Keberagaman Indonesia’, yang mana menitikberatkan pada peran film sebagai sarana bagi masyarakat untuk semakin mengenal keberagaman Indonesia.

“Diharapkan dengan film, masyarakat Indonesia bisa lebih menikmati keberagaman dengan merayakan keberagaman tersebut,” kata Mendikbud Muhadjir Effendy dalam konferensi pers Pembukaan Hari Film Nasional 2017 di Jakarta, Senin (06/03/2017).

 

Corak, ragam, dan budaya Indonesia juga diharapkan hadir dalam film-film karya anak bangsa.

“Kita ingin perfilman bangkit dengan corak budaya kita”, ujar Mendikbud.

Hal tersebut juga didukung Lasja F. Susatyo, selaku Ketua Panitia Pelaksana Hari Film Nasional 2017. Menurutnya, perfilman Indonesia kini sudah mulai menunjukkan perkembangan pesat. Terlihat dari peningkatan jumlah penonton dan juga pembebasan investasi asing di semua sektor (perfilman).

Selain itu, lanjutnya, perfilman Indonesia juga telah menunjukkan adanya perbaikan infrastruktur, munculnya investasi-investasi baru, ruang pemutaran film yang semakin luas, serta perkembangan produksi dan komunitas-komunitas seniman film yang sudah mulai berkembang di daerah-daerah.

Dengan demikian, Lasja berharap perfilman Indonesia ke depannya dapat memberikan pemahaman yang lebih baik lagi kepada masyarakat Indonesia tentang keindahan unsur Bhinneka Tunggal Ika, guna menangkis segala ancaman perpecahan.

“Melalui gerakan semesta semacam itu bangsa kita akan mendapatkan kembali pemahaman yang lebih baik mengenai ke-Bhinneka Tunggal Ika-an Indonesia sebagai modal penting menangkal berbagai persoalan bersama, termasuk intoleransi, readikalisme, dan ancaman perpecahan,” jelasnya.

Dilansir dari laman resmi Kemdikbud, rangkaian acara peringatan Hari Film Nasional tahun ini meliputi penayangan film bertema keberagaman Indonesia di berbagai komunitas, luar negeri, jaringan bioskop, dan KRL Commuterline Jabodetabek, diskusi-diskusi (Film & Sastra, Platform Digital untuk Film, Animasi untuk Anak), pitching pembuatan film di 10 Destinasi Wisata, Film Project Expo, dan FILARTC (Film & Art Celebration).

Sementara itu, acara puncak Hari Film Nasional akan diselenggarakan di arena FILARTC, Kompleks Perum Perusahaan Film Negara (PFN) pada 30 Maret 2017.

 

 

@jitunews http://www.jitunews.com/read/54424/keberagaman-indonesia-jadi-tema-peringatan-hari-film-nasional-tahun-ini#ixzz4ac9SvnYd

Most Popular

Recent Comments