Tuesday, October 26, 2021
Home Nasional Kebinekaan Indonesia Diakui Presiden Perancis Sebagai Ilham

Kebinekaan Indonesia Diakui Presiden Perancis Sebagai Ilham

Kebhinekaan atau pun keberagaaman yang saling toleransi yang tumbuh di Indonesia diakui Presiden Republik Perancis Francois Hollande menjadi ilham bagi negaranya. hal tersebut disampaikan Hollande dalam pertemuannya dengan Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Rabu, 29 Maret 2017.

Hollande melanjutkan, meski bangsa Indonesia dihuni oleh mayoritas penduduk muslim, namun nilai toleransi dan keberagamaan tetap terjaga dengan baik.

“Indonesia memang adalah negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia. Dan kita tahu bahwa Indonesia mampu mengamankan patokan kebinekaan yang bersifat toleran dan harus menjadi ilham bagi kami. Tentu saja,” demikian ucap Hollande di Istana Merdeka, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat.

 

Dalam kesempatan tersebut, Hollande mengakui bahwa di negaranya juga berlangsung hal serupa, yakni menjaga nilai kebebasan dan toleransi, hanya modelnya saja yang berbeda.

Maka, atas dari kesamaan tersebut, Hollande memiliki harapan agar Indonesia dan Perancis bisa saling bertukar pandangan terkait nilai-nilai toleransi dan juga penangkalan aksi terorisme.

“Di Prancis, kami memiliki model lainnya yang pada prinsipnya sama, yaitu kebebasan dan saling toleransi. Jadi melalui konsepsi Islam tersebut, yaitu milik Indonesia, yang berdasarkan usia suatu cara untuk hidup bersama-sama, tetapi harus sama-sama kuat menghadapi ancaman terorisme, tapi tanpa diskriminasi apa pun juga terhadap agama,” sahut Hollande melanjutkan.

Hollande pun berharap Prancis bisa kembali secepatnya melakukan kunjungan kenegaraan ke Indonesia. Untuk diketahui, kunjungan Presiden Prancis ke Indonesia terakhir kali dilakukan pada 30 tahun silam.

“Semoga kita tidak harus menunggu tiga puluh tahun lagi sebelum ada yang datang dari Prancis untuk melihat Indonesia,” tuturnya.

Sebelumnya Jokowi sendiri memaknai kehadiran presiden Perancis ke Indonesia sebagai sebuah sejarah. Mengingat, sudah 31 tahun yang lalu kunjungan presiden Perancis ke Indonesia sebelum eranya Francois Hollande.

“Kunjungan ini merupakan kunjungan bersejarah setelah hampir 31 tahun tak pernah ada kunjungan seorang Presiden Perancis ke Indonesia,” demikian disampaikan Jokowi dalam join press statement di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (29/3).

@jitunews http://www.jitunews.com/read/55856/kebinekaan-indonesia-diakui-presiden-perancis-sebagai-ilham#ixzz4cma7qIqd

Most Popular

Recent Comments