Wednesday, October 20, 2021
Home ENERGI UMUM KEIN Dorong Penggunaan Thorium untuk Bahan Bakar Nuklir

KEIN Dorong Penggunaan Thorium untuk Bahan Bakar Nuklir

Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) mendorong pemanfaatan thorium sebagai alternatif energi. Pemanfaatan thorium sebagai bahan bakar nuklir lebih menguntungkan ketimbang penggunaan uranium, pasalnya selain lebih ramah lingkungan, thorium juga melimpah di perut bumi Indonesia yang diperkirakan terdapat 210.000-280.000 ton thorium.

“Dengan memanfaatkan thorium sebagai bahan bakar pembangkit listrik bisa menurunkan biaya produksi listrik,” ujar Ketua Pokja Industri Energi dan Sumber Daya Mineral KEIN, Zulnahar Usman di Jakarta, Selasa (13/6).

Zulnahar menjelaskan, penggunaan thorium lebih ramah lingkungan karena limbah radio aktifnya jauh lebih rendah ketimbang penggunaan uranium. Penggunaan thorium juga bakal menurunkan biaya produksi listrik ketimbang harus menggunakan BBM.

Untuk memenuhi kebutuhan listrik 1 Giga Watt per tahun misalnya hanya dibutuhkan 7 ton thorium. Jika dibandingkan dengan penggunaan batu bara pada kebutuhan yang sama maka dibutuhkan 3,5 juta sampai 4 juta ton batu bara, sedangkan dengan uranium membutuhkan 200 sampai 250 ton.

Saat ini, pengembangan energi nuklir khususnya dengan bahan baku thorium masih amat minim. Padahal para investor di dunia telah menggelontorkan dana ratusan juta dolar untuk mengembangkan proyek energi thorium di Indonesia.

 

Sumber : KEIN Dorong Penggunaan Thorium untuk Bahan Bakar Nuklir
KEIN Dorong Penggunaan Thorium untuk Bahan Bakar Nuklir
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments