Friday, September 24, 2021
Home Nasional Kemenag Gelar Sidang Isbat Tentukan Idul Adha

Kemenag Gelar Sidang Isbat Tentukan Idul Adha

Kementerian Agama menggelar sidang isbat di kantor Kementerian Agama RI. Sidang ini guna menetapkan awal bulan Zulhijah 1438 H sebagai penetapan Idul Adha yang jatuh tanggal 10 Zulhijah.

Ketua Tim Hisab Rukyat Kemenag, Cecep Nurwendaya menyebut Indonesia hari ini sudah masuk ke dalam ijtimak sebagai penentu penetapan awal bulan dalam kalender Hijriah.

“Indonesia, Selasa 22 Agustus, pukul 01.30 WIB, tanggal 29 Zulkaidah 1438 H. Inilah ijtimak di Indonesia,” kata Cecep, Selasa (22/8).

 

Menurutnya, hisab dan rukyat tidak bisa dipisahkan, maka dari itu awal bulan Zulhijah baru bisa ditentukan apabila sudah ada hisab.

“Fenomena bulan inilah yang terus menerus dan fenomena hisab ini akan terus dikreksi oleh rukyat, dan rukyat harus diperiksa oleh hisab. Keduanya seperti dua sisi mata uang yang tidak bisa dipisahkan,” jelasnya.

Kriteria dari MABIMS, penentuan bulan bisa ditentukan jika hilal sudah setinggi 2 derajat, elongasi bulan-matahari 3 derajat atau umur hilal minimal 8 jam.

“Kriteria MABIMS tinggi hilal minimal 2 derajat, elongasi bulan-matahari 3 derajat atau umur hilal minimal 8 jam,” ujarnya.

“Ini bisa dibuktikan bila sudah terbukti di seluruh wilayah Indonesia,” kata Cecep.

Dalam sidang ini hadir Ketua Komisi VIII DPR RI dari Fraksi PAN, Ali Taher, para duta besar negara sahabat, dan perwakilan Majelis Ulama Indonesia.

Sumber : Kemenag Gelar Sidang Isbat Tentukan Idul Adha
Kemenag Gelar Sidang Isbat Tentukan Idul Adha
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments