Kemendikbud Telusuri Proses ‘Lolosnya’ Buku Pelajaran yang Menyebut Yerusalem Ibu Kota Israel

0
142

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Pusat Kurikulum dan Perbukuan (Puskurbuk) dan Balitbang telah melakukan pemeriksaan terhadap Buku Sekolah Elektronik (BSE) Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Sekolah Dasar (SD) Kelas IV yang menyebutkan Yerusalem sebagai ibu kota Israel.

Untuk sementara, buku yang bersangkutan akan ditarik terlebih dahulu dari peredaran agar tidak terus-terusan menimbulkan keresahan di masyarakat. Dalam waktu dekat edisi revisi akan segera diterbitkan oleh Puskurbuk.

“Kami mengambil keputusan dalam rapat bahwa konten yang ada di laman Kemendikbud kita tarik dahulu,” kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy, di kantornya, Rabu (13/12).

Muhadjir pun berjanji akan mengusut kejadian tersebut dengan menelusuri siapa saja yang bertanggung jawab atas proses penerbitan buku tersebut.

“Setelah mengunggah ulang buku dengan edisi yang sudah direvisi, Kemendikbud menelusuri bagaimana dulu ceritanya, kok bisa terjadi kesalahan agak fatal, termasuk bagaimana prosesnya. Kemudian siapa yang paling bertanggung jawab. Kita akan lihat kesalahannya di mana dan termasuk ada kesengajaan atau tidak,” tambahnya.

 

 

Sumber : Kemendikbud Telusuri Proses ‘Lolosnya’ Buku Pelajaran yang Menyebut Yerusalem Ibu Kota Israel
Kemendikbud Telusuri Proses ‘Lolosnya’ Buku Pelajaran yang Menyebut Yerusalem Ibu Kota Israel
Jitunews

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here