Saturday, October 16, 2021
Home Nasional Kementerian ESDM Bantah Keluarkan Persetujuan Perpanjangan Kontrak Freeport

Kementerian ESDM Bantah Keluarkan Persetujuan Perpanjangan Kontrak Freeport

Kementerian ESDM membantah telah mengeluarkan persetujuan perpanjangan kontrak terhadap Freeport Indonesia. Hal tersebut ditegaskan oleh Staf Khusus Menteri ESDM, Hadi M Djuraid.

“Tidak benar Kementerian ESDM telah menyetujui perpanjangan izin operasi PTFI. Masalah perpanjangan izin operasi adalah salah satu topik pembahasan dalam perundingan antara Pemerintah dan PTFI yang saat ini sedang berlangsung, dan belum tercapai kesepakatan sehingga belum ada keputusan apa pun terkait hal tersebut,” kata Hadi di Jakarta, Selasa (4/7).

Hadi menjelaskan, sesuai dengan ketentuan UU dan peraturan yang berlaku, perpanjangan kontrak bisa diberikan maksimal 2 X 10 tahun, dengan syarat Freeport harus membangun fasilitas pengolahan dan pemurnian (smelter). Selain itu Freeport juga wajib melakukan divestasi saham hingga sebesar 51%. Di samping itu Freeport juga harus memenuhi ketentuan lainnya terkait kinerja perusahaan, masalah lingkungan, dan jaminan pasca tambang.

“Sampai saat ini implementasi persyaratan tersebut masih menjadi materi pembahasan dalam perundingan antara Pemerintah dan PTFI, sehingga belum bisa diputuskan apakah izin operasi PTFI akan diperpanjang atau tidak,” imbuhnya.

Hadi menambahkan, berita yang menyebutkan bahwa Freeport telah mendapatkan perpanjangan adalah tidak benar. Ia mengungkapkan, rapat koordinasi yang berlangsung di Kementerian Keuangan hari ini, Selasa (4 /7), tidak  secara spesifik membahas masalah perpanjangan kontrak PT Freeport Indonesia (PTFI). Topik bahasan utama adalah divestasi dan jaminan investasi.

 

Sumber : Kementerian ESDM Bantah Keluarkan Persetujuan Perpanjangan Kontrak Freeport
Kementerian ESDM Bantah Keluarkan Persetujuan Perpanjangan Kontrak Freeport
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments