Friday, September 24, 2021
Home Nasional Kementerian Perindustrian Dorong Pengembangan Digital Smart UKM Batik

Kementerian Perindustrian Dorong Pengembangan Digital Smart UKM Batik

Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto mengungkapkan bahwa di tengah persaingan yang semakin kompetitif, industri batik merevolusi mengembangkan penggunaan zat warna dari Eco Produk. Yang mana daya tahan pencucian serta penggosokannya membutuhkan teknologi terkini.

“Dari sana Departemen Perindustrian mendorong bahwa penggunaan zat warna alam sama dengan sintetis. Jadi ini merupakan tantangan yang harus dijawab oleh Dirjen. Teknik pewarnaan ini memberikan pilihan batik. Tidak hanya warna industrial. Tetapi warna alam menjadi tren yang diminati karena ramah lingkungan,” papar Airlangga kepada Jitunews.com di Jakarta, Rabu (7/6).

Lanjut mantan anggota DPR periode 2009-2014 untuk Daerah Pemilihan Jawa Barat V ini pihaknya berusaha meningkatkan kompetensi sumber daya manusia (SDM) baik itu melalui peningkatan produk, standarisasi mesin serta peralatan, dan juga memberikan kesempatan kepada perajin sekaligus pelaku usaha batik untuk memasarkan melalui forum-forum pameran.

“Dan, juga pengembangan market melalui e-Commerce. Kementerian Perindustrian mendorong pengembangan program digital smart UKM, di mana buyer ketemu seller di dalam smartphone (HP). Program ini diharapkan agar UKM mampu memasuki pasar ekspor,” tandasnya.

 

Sumber : Kementerian Perindustrian Dorong Pengembangan Digital Smart UKM Batik
Kementerian Perindustrian Dorong Pengembangan Digital Smart UKM Batik
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments