Monday, October 18, 2021
Home Nasional Kepala BIN Respon Serangan Ransomeware WannaCrypt

Kepala BIN Respon Serangan Ransomeware WannaCrypt

Indonesia ikut menjadi negara yang diserang virus komputer global Ransomeware WannaCrypt atau populer dengan sebutan WannaCry. Atas hal tersebut, Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan mengingatkan agar seluruh instansi publik strategis bisa meningkatkan kemampuan sistem pengamanan informasi.

“Serangan ini menjadi peringatan (alert) bagi semua pihak terutama instansi publik yang strategis seperti rumah sakit yang menjadi korban serangan saat ini, untuk meningkatkan kemampuan sistem pengamanan informasi,” demikian ungkap Budi dalam keterangan pers yang tersebar, Senin (15/5).

Jelas, kata Budi melanjutkan, serangan melalui penyebaran virus tersebut adalah bentuk pelemahan suatu negara. WannaCry sendiri adalah serangan model baru berupa proxy war atau cyber war yang digunakan berbagai pihak.

“Negara dan seluruh instansi terkait pengamanan informasi harus mulai merubah paradigma sistem pengamanan informasi, dari pengamanan informasi konvensional seperti Firewall dan Antivirus, menjadi ke arah sistem pengamanan terintegrasi yang memiliki kemampuan deteksi serangan secara dini (intelligence system) ke seluruh komponen sistem informasi yang digunakan,” ucapnya menjelaskan.

Selanjutnya, Budi memandang perlu adanya koordinasi dan konsolidasi di antara instansi-instansi yang bergerak dalam bidang intelejen dan pengamanan informasi. Hal ini mutlak segera dilakukan untuk mempercepat proses mitigasi jika terjadi serangan secara masif.

“Sehingga jika terjadi serangan cyber pada suatu instansi, maka dengan adanya konsolidasi, koordinasi dan pertukaran cyber intelligence, instansi lain yang belum terkena serangan dapat segera menentukan mitigasi dan tindakan preventif sebelum terjadi serangan,” tutupnya.

 

@jitunews http://jitunews.com/read/58688/kepala-bin-respon-serangan-ransomeware-wannacrypt#ixzz4h8Dr3KrR

Sumber : Kepala BIN Respon Serangan Ransomeware WannaCrypt
Kepala BIN Respon Serangan Ransomeware WannaCrypt
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments