Monday, January 24, 2022
Home DKI Jakarta Kepercayaan Publik Versi Survei Indikator, Stafsus Jokowi: Akan Kerja Lebih Keras Untuk...

Kepercayaan Publik Versi Survei Indikator, Stafsus Jokowi: Akan Kerja Lebih Keras Untuk Masyarakat

Harmonimedia – Staf Khusus Presiden Aminuddin Maruf menyambut baik hasil survei lembaga Indikator Politik, yang menyebutkan kepuasan publik terhadap kinerja pemerintah meningkat dalam beberapa bulan terakhir. Aminuddin menyatakan pemerintah akan terus bekerja keras.

“Tentu kita mengapresiasi hasil tersebut. Namun, hal itu tidak membuat kita puas, justru memicu agar kami bekerja dengan keras agar bisa berbuat lebih banyak lagi untuk masyarakat,” kata Amin dalam keterangan tertulis, Senin (6/12).

Amin mengatakan, dari hasil survei tersebut, tak hanya generasi baby boomers, kepuasan juga terlihat dari generasi millenial usia 20-40. Amin mengatakan apresiasi dari publik itu harus disyukuri.

“Kepuasan dari generasi milenial menjadi gambaran program-program yang dilakukan pemerintah disambut baik oleh mereka. Ini patut kita syukuri dan tingkatkan,” ujar Amin.

Amin juga menyambut positif respons masyarakat atas upaya pemerintah dalam penanganan pandemi COVID-19. Amin mengatakan penanganan COVID-19 membutuhkan kerja sama dari berbagai elemen.

“Pandemi COVID-19 tentu saja berat bagi semua pihak, kesabaran semua pihak diuji, agar kita bisa melewati semua ujian ini bersama-sama, pemerintah dan masyarakat, tidak bisa pemerintah sendirian,” tutur Amin.

Dia juga berharap ancaman varian Omicron yang merebak di sejumlah negara tidak membuat masyarakat panik. Namun, kata Amin, masyarakat harus tetap meningkatkan kewaspadaan dan memperketat protokol kesehatan.

“Dengan bersatunya pemerintah dan masyarakat dalam menghadapi ancaman gelombang ketiga ini, saya Insya Allah yakin kita bisa melewatinya. Saya berharap generasi milenial menjadi garda terdapat dalam taat prokes, agar kita semua bisa selamat melewati fase ini,” ujar Mantan Ketua Umum PB PMII ini.

Sebelumnya, Lembaga Survei Indikator Politik Indonesia merilis hasil pandangan respondennya terhadap kinerja Presiden Jokowi. Hasilnya, sebanyak 72 persen responden puas atas kinerja Jokowi.

“Kinerja presiden total ada sekitar 72 persen yang sangat puas dan cukup puas terhadap kinerja presiden Jokowi,” kata Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi dalam konferensi virtual, Minggu (5/12).

Survei digelar pada periode 2-6 November 2021 melibatkan 2.020 responden berusia di atas 17 tahun dengan rincian sampel basis 1.220 orang dan oversample 800 responden. Metode survei menggunakan metode simple random sampling. Ukuran sampel basis memiliki toleransi kesalahan sekitar ± 2,9% dan tingkat kepercayaan 95%. Survei dirilis pada 5 Desember 2021.

Burhanuddin menyebutkan tingkat kepuasan Jokowi mengalami peningkatan signifikan dibandingkan hasil survei pada Juli 2021. Saat itu, tingkat kepuasan terhadap kinerja Presiden hanya 59 persen menjadi yang terendah dalam 6 tahun terakhir.

“Dalam waktu 2-3 bulan naik 13 persen. Ini approval rating sekarang adalah kenaikan tertinggi selama pandemi 2 tahun terakhir,” jelasnya.

Burhan mengatakan, ada dua faktor yang menyebabkan tren kepuasan kinerja Presiden mengalami peningkatan. Pertama, adalah kepuasan terhadap peningkatan ekonomi. Kedua kepuasan terhadap penanganan COVID-19.

“Overall dua hal ini yang sebabkan kepuasan terhadap Presiden meningkat, yaitu perbaikan persepsi di bidang ekonomi dan penanganan COVID-19,” terangnya.

Berikut hasil kepuasan terhadap kinerja Jokowi pada November 2021:

Sangat Puas: 10,6%
Cukup puas: 61,4%
Kurang puas: 24,5%
Tidak Puas sama sekali: 2,8%
Tidak tahu atau tidak menjawab: 0,7%

Di sisi lain, Burhan juga memaparkan kinerja Presiden Jokowi berdasarkan wilayah. Dia mencatat, provinsi yang paling tidak puas terhadap kinerja Presiden adalah Sumatera Barat sebanyak 70,7% dan Aceh sebanyak 63,5%.

“Provinsi yang paling tidak puas terhadap kinerja Presiden adalah Sumbar kemudian Aceh. di luar itu, Babel sangat puas, Jambi sangat puas, Jateng, DIY sangat puas,” imbuhnya.

Selain itu, survei Indikator juga memotret tingkat kepuasan terhadap kinerja presiden berdasarkan usia. Berikut hasilnya:

Usia base sangat+cukup puas kurang+tidak puas sama sekali TT/TJ

22-25 tahun 9,9 66,0 33,9 0.2
26-40 tahun 36,8 71,5 28,0 0,5
41-55 tahun 25,1 69,2 29,7 1,1
> 55 tahun 15,4 78,0 20,5 1,5

red

Most Popular

Recent Comments