Sunday, November 28, 2021
Home Politik Keputusan Perindo Dukung Jokowi, Poros Cikeas dan Hambalang Lagi-Lagi Kena 'Skak'

Keputusan Perindo Dukung Jokowi, Poros Cikeas dan Hambalang Lagi-Lagi Kena ‘Skak’

Partai Perindo mewacanakan untuk ‘berbalik arah’ dan mendukung Joko Widodo sebagai Calon Presiden 2019. Sekretaris Jenderal Partai Perindo, Ahmad Rofiq, menegaskan bahwa dukungan kepada Jokowi akan diputuskan dalam Rapimnas.

“Ada kesan kuat yang akan diusulkan adalah Presiden sekarang, karena kemungkinan yang menang Presiden sekarang,” kata Rofiq saat dihubungi, kemarin.

Rofiq menyebut dukungan terhadap Jokowi merupakan aspirasi akar rumput partai. Partai Perindo pun memutuskan untuk tidak akan menggugat Undang-Undang Pemilu, khususnya pasal yang mengatur tentang ambang batas pencalonan presiden (presidential threshold) 20%-25%

“Kalau terkait dengan presidential threshold, Perindo memang sejak awal tidak akan membuat suatu gugatan,” ujar Rofiq.

Ia melanjutkan, partainya tetap akan menggugat UU Pemilu, tetapi pada pasal verifikasi partai politik peserta pemilu.

Pengamat Politik dan Peneliti INDO Survey and Strategy, Herman Dirgantara, ketika dihubungi mengatakan, pihaknya cukup takjub dengan keputusan Partai Perindo. Apalagi selama ini, melalui jaringan media massanya, Hary Tanoe kerap mengkritik sejumlah kebijakan Joko Widodo.

“(Keputusan Hary Tanoe dukung Jokowi) Ini mengagetkan. Karena kalau betul, dapat saya katakan ini ibarat bencana bagi partai-partai di luar poros pemerintah. Bayangkan, setelah kalah pada paripurna UU Pemilu kemarin, mereka kini lagi-lagi kena ‘skak’,” tutur Herman, Kamis (3/8).

Ia pun menegaskan, keputusan ini tidak akan terjadi bila partai-partai pendukung pemerintah berbuat cepat untuk menggandeng Partai Perindo menjajaki koalisi menuju Pemilu 2019.

“Seharusnya pasca kalah di paripurna Undang-Undang Pemilu lalu, mereka bergerak gesit menggandeng Perindo untuk merumuskan langkah bersama. Ini kan tidak. Apalagi Perindo juga sudah memutuskan untuk tidak menggugat soal PT 20%-25%,” pungkas Herman.

 

Sumber : Keputusan Perindo Dukung Jokowi, Poros Cikeas dan Hambalang Lagi-Lagi Kena ‘Skak’

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments