Friday, September 24, 2021
Home Jitu News KESDM Pangkas Izin Migas, dari 104 Menjadi 6

KESDM Pangkas Izin Migas, dari 104 Menjadi 6

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM) telah melakukan deregulasi perizinan di sub-sektor minyak dan migas (migas). Melalui Peraturan Menteri (Permen) ESDM Nomor 29 Tahun 2017 tentang Perizinan Pada Kegiatan Usaha Migas, Menteri ESDM Ignasius Jonan menyederhanakan proses perizinan migas tinggal 6.

Direktur Jenderal (Dirjen) Migas, IGN Wiratmaja Puja, mengatakan bahwa perizinan dulu berjumlah 104 sebelum dipangkas menjadi 6. Hal ini dikarenakan adanya gabungan beberapa Permen dan Kepmen menjadi satu Permen.

“Sudah resmi perizinan di kegiatan usaha migas disederhanakan. Dulu ada 104, sekarang tinggal menjadi 6. Beberapa Permen dan beberapa Kepmen itu digabung dan disederhanakan dalam satu Permen. Jadi penyederhanaan regulasi yang cukup revolusioner,” ujarnya di Gedung Migas, Selasa (25/4).

 

Dengan adanya penyederhanaan ini, Wiratmaja berharap, instansi dan lembaga terkait lainnya juga akan melakukan penyederhanaan perizinan. Karena saat ini masih ada 200 izin lainnya di industri hulu dan hilir migas yang belum disederhanakan.

Mengenai penyederhanaan izin migas tersebut, Wiratmaja menyebut ada 6 perizinan yang saat ini diberlakukan. Diantaranya adalah izin survei umum dan izin pemanfaatan data migas untuk sektor hulu migas.

Sedangkan untuk sektor hilir migas meliputi izin usaha pengolahan, izin usaha penyimpanan, izin usaha pengangkutan, dan izin usaha niaga.

“‎Kalau dulu masing-masing satu izin, sekarang izinnya satu saja sehingga lebih sederhana dan membuat industri migas bisa bergerak lebih cepat‎‎,” paparnya.

Untuk mendukung proses perizinan, Wiratmaja mengatakan bahwa Kementerian ESDM akan menerapkan sistem online, dalam hal ini seperti izin pengangkutan.

“Kita juga dalam perjalanan membuat semua perizinan di migas ini sistemnya adalah online, sebagian sudah online, misalnya izin pengangkutan. Nantinya pada akhir tahun 2017, perizinan di migas sudah fully online sehingga dalam mengurus izin tidak perlu pihak ketiga dan sebagainya,” pungkasnya.

@jitunews http://jitunews.com/read/57495/kesdm-pangkas-izin-migas-dari-104-menjadi-6#ixzz4fKS3a76j

Most Popular

Recent Comments