Monday, August 2, 2021
Home Nasional Ketua DPR Desak Pemerintah Segera Usulkan RUU Perlindungan Data Pribadi

Ketua DPR Desak Pemerintah Segera Usulkan RUU Perlindungan Data Pribadi

Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo (Bamsoet), angkat bicara atas temuan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) tentang penggunaan satu nomor induk kependudukan (NIK) untuk registrasi jutaan nomor telepon seluler (ponsel) prabayar.

Menurutnya, temuan Kemendagri itu bukan hal sepele. Penggunaan satu NIK untuk registrasi jutaan nomor ponsel prabayar merupakan hal serius yang harus dicegah agar tak berulang. Oleh karena itu Bamsoet menyarankan perlu adanya Undang-undang Data Pribadi.

“Meminta pemerintah untuk segera mengusulkan RUU Perlindungan Data Pribadi sebagai Program Legislasi Nasional (Prolegnas) Prioritas, mengingat kasus penyalahgunaan data dan kebocoran data belakangan ini sering terjadi dan semakin memprihatinkan,” ujar Bamsoet di Jakarta, Selasa (10/4).

Bamsoet menilai, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) tak bisa membiarkan persoalan itu. Menurutnya, kementerian pimpinan Rudiantara itu harus segera bertindak.

“Agar Kemenkominfo segera menyelidiki penyalahgunaan data tersebut dan mencarikan solusi. Lakukan tindak pencegahan guna menghindari berulangnya kasus itu,” harapnya.

Sumber : Ketua DPR Desak Pemerintah Segera Usulkan RUU Perlindungan Data Pribadi
Ketua DPR Desak Pemerintah Segera Usulkan RUU Perlindungan Data Pribadi
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments