Monday, September 27, 2021
Home Jitu News Ketua KTNA Sebut Program Mekanisasi Bisa Tingkatkan Jumlah Petani

Ketua KTNA Sebut Program Mekanisasi Bisa Tingkatkan Jumlah Petani

Ketua Kontak Tani dan Nelayan Andalan Indonesia (KTNA) Winarno Tohir mengatakan bahwa langkah mekanisasi di sektor pertanian mampu mengendalikan tren penurunan jumlah petani di Indonesia.

“Langkah mekanisasi sektor pertanian mampu menjaga tren penurunan jumlah petani di Indonesia,” ujar Winarno Tohir dalam sambutannya di acara penutupan Pekan Nasional (Penas) Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) ke XV yang berlangsung di Stadion Harapan Bangsa Aceh, Kamis(11/5).

Lebih lanjut, Ia mengatakan bahwa rata-rata jumlah petani saat ini 0,2 persen, dan jumlah ini merupakan dampak kuat dari penurunan jumlah petani dalam 10 tahun terakhir.

“Tren penurunannya terjadi dalam 10 tahun belakangan ini, sekitar 5 juta orang petani sudah beralih profesi, ada yang pindah sebagai pedagang atau profesi yang lain,”ungkapnya.

Namun menurutnya langkah mekanisasi sektor pertanian yang dicanangkan oleh kementerian pertanian, mampu kembali mengantisipasi tren penurunan jumlah petani.

“Jadi dengan adanya program mekanisasi ini mampu mengembalikan minat petani untuk kembali ke sektor pangan, khususnya kaum muda,” tukasnya.

 

@jitunews http://jitunews.com/read/58495/ketua-ktna-sebut-program-mekanisasi-bisa-tingkatkan-jumlah-petani#ixzz4gqW5ePfe

Sumber : Ketua KTNA Sebut Program Mekanisasi Bisa Tingkatkan Jumlah Petani
Ketua KTNA Sebut Program Mekanisasi Bisa Tingkatkan Jumlah Petani
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments