Thursday, September 16, 2021
Home Nasional Kiprah BUMN kuasai pasar dunia di era Presiden Joko Widodo

Kiprah BUMN kuasai pasar dunia di era Presiden Joko Widodo

Karya anak bangsa, terutama dari perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tak bisa dipandang sebelah mata. Banyak produk perusahaan pelat merah ini menembus pasar dunia dan kualitasnya pun diakui.

Misalnya, PT Dirgantara Indonesia (PT DI) mengekspor tailboom (ekor) ke-50 dan fuselage (badan) terasembeli yang ke-6 untuk Airbus Helikopter, Prancis. Pengiriman fuselage dan tailboom helikopter H225/H225M dari PTDI ini, upper dan lower fuselage helikopter H225/H225M telah terintegrasi.

H225/H225M sendiri merupakan penamaaan terbaru dari EC225 untuk versi sipil dan EC725 untuk versi militer.

Direktur Utama PT DI, Budi Santoso pengiriman fuselage dan tailboom helikopter H225/H225M dari PTDI untuk Airbus Helikopter, Prancis ini merupakan kerja sama PTDI dengan Airbus Helikopter dalam pengembangan kedirgantaraan yang kuat dan berkelanjutan di Indonesia. PT DI sebagai global supply chain tailboom dan fuselage untuk Airbus Helikopter.

“Kami senang telah menjadi mitra terpercaya dan pemasok kepada Airbus Helikopter untuk bagian tailboom dan fuselage,” ujar Budi kepada wartawan di sela acara.

Menurut Budi, keberhasilan kerja sama industri antara PT DI dan Airbus Helikopter ini dimulai lebih dari empat dekade yang lalu, dengan jumlah helikopter yang telah dikirimkan mencapai 40 helikopter. PTDI menjadi pemasok utama (single source) untuk tailboom dan pemasok fuselage helikopter EC725/H225M di dunia selain Spanyol.

“PT DI telah sanggup mengerjakan pesanan fuselage dalam jangka waktu 10 minggu. Sehingga dalam jangka waktu 2,5 bulan, PTDI mampu mengirimkan 1 fuselage terintegrasi ke Prancis. Sedangkan untuk tallboom dapat dikerjakan setiap 3 minggu sekali,” katanya.

PT DI bukan satu satunya perusahaan BUMN yang produknya diganderungi pasar internasional. Ada lagi kapal perang buatan PT PAL. Silakan klik selanjutnya.

 

SELANJUTNYA 

 

Referensi :  https://www.merdeka.com/uang/kiprah-bumn-kuasai-pasar-dunia-di-era-presiden-joko-widodo.html

Most Popular

Recent Comments