Friday, July 30, 2021
Home Nasional Laporan Khusus Kisah sukses Rocco Commiso, anak tukang kayu miskin kini punya harta triliunan...

Kisah sukses Rocco Commiso, anak tukang kayu miskin kini punya harta triliunan rupiah

Tidak ada satu orang-pun di dunia ini yang bisa memprediksi dengan tepat nasib seseorang ke depannya. Terlahir miskin, belum tentu orang itu akan selalu miskin hingga dewasa atau tuanya nanti.

Adalah Rocco Commisso, anak tukang kayu miskin yang kini berhasil memiliki total harta senilai USD 4,3 miliar atau setara dengan Rp 59,1 triliun (Rp 13.748 per USD).

Ayah dari pria berusia 68 tahun ini merupakan tukang kayu dengan penghasilan sangat rendah. Ayah, kakak, dan dirinya pindah dari Italia ke Amerika Serikat (AS) saat dia baru berusia 12 tahun.

Setelah pindah ke AS, dia kesulitan berkomunikasi karena sama sekali tak bisa berbahasa Inggris. Namun, New York City memberinya keberuntungan baik. Dia melihat kompetisi bakat tak lama tiba di kota tersebut.

Commisso muda lantas mendaftar sebagai pemain akordeon solo dan memenangkan kompetisi bakat tersebut. Bakatnya juga mencuri perhatian dari manajer Wakefield yang menulis surat ke sekolah katolik lokal untuk menerima Commisso sebagai muridnya.

“Saya menjadi satu-satunya anak yang berhasil masuk ke sekolah tersebut tanpa tes,” kisahnya.

Namun demikian, Commisso masih tetap bekerja selama 40 jam per minggu demi mencari uang guna membayar biaya sekolahnya.

Keberuntungan baik lagi-lagi berpihak kepadanya saat hendak mendaftar kuliah. Guru olahraganya memanggil pelatih sepakbola Columbia University dan mengatakan dia memiliki murid yang sangat menjanjikan.

Hanya dalam waktu sebulan, Commisso yang bahkan tak pernah bermain sepakbola di sekolah mendapatkan beasiswa penuh di kampus ternama itu. Pada 1972, dia bahkan diundang untuk mengikuti uji masuk tim sepakbola AS di ajang olimpiade.

Dia lantas mengambil sekolah bisnis guna memenuhi keinginannya mengubah hidup menjadi lebih baik secara finansial. Commisso lulus sebagai salah satu lulusan terbaik dan mendapatkan penghargaan dari kampusnya.

Kisah karir dia dimulai dari nol. Silakan klik  SELENGKAPNYA

Most Popular

Recent Comments