Friday, September 24, 2021
Home NASIONAL UMUM Kivlan Minta TNI Dilibatkan dalam RUU Terorisme

Kivlan Minta TNI Dilibatkan dalam RUU Terorisme

Pembahasan Revisi Undang Undang (RUU) Anti Terorisme no 15 tahun 2003 hingga kini masih dibahas dan digodok oleh DPR RI. Salah satu poin yang menjadi draft RUU tersebut ialah mengenai pelibatan Tentara Nasional Indonesia (TNI) dalam menjaga kedaulatan negara.

Menurut Mayjen TNI (Purn) Kivlan Zein, pelibatan TNI untuk masuk kedalam RUU Anti Terorisme ini sangat tepat. Karena sudah menjadi tugas utama TNI untuk menjaga kedaulatan negara dari ancaman atau bentuk teror yang datang dari luar.

“Saya setuju kalau TNI dilibatkan karena ini masalah teror dari luar. Teror kan datang dari luar, dan ini sudah masuk ranah kedaulatan negara. Jadi sudah tugasnya TNI dan harus dilibatkan juga ujarnya kepada Jitunews.com di Hotel JS Luwansa, Jakarta Selatan, Kamis (8/6).

Kalau TNI dilibatkan, lanjut Kivlan, nantinya harus ada pembagian tugas antara Polisi dengan TNI. Hal ini dilakukan agar masing-masing instansi mempunyai tugas sendiri dalam rangka mencegah teror tersebut.

“Nantinya perlu ada pembagian tugas, dimana tampilnya polisi dan dimana tampilnya TNI. Kalau polisi tampil dalam rangka keamanan dalam negeri boleh, kalau masalah kedaulatan negara ya itu sudah jadi tugasnya TNI. Lebih terukurlah TNI disini, jangan kaya masa dulu yang ngga terukur,” jelasnya.

Meski begitu, Kivlan melihat ada satu poin dalam RUU Anti Terorisme tersebut yang menuju ke arah UU Anti Subversif.

“Saya melihat di RUU terorisme ini, ada arahnya menuju ke arah bisa menangkap atau bisa menyimpan orang tanpa melalui proses. Itu seperti kisah yang ada di singapura dan malaysia, internal security x sama dengan UU Anti Subversif, mirip sama masa dulu Bung Karno dengan Pak Harto,” terangnya.

“Jadi ada orang ditangkap trus disimpan. Saya ngga setuju kalau hal ini terjadi. Pelibatan TNI disini bukan karena bisa nangkap orang trus disimpan, tidak diproses, ada di curigai lalu ditangkap. Ini persis di UU Subversif, jangan kaya begitu,” cetusnya.

 

 

Sumber : Kivlan Minta TNI Dilibatkan dalam RUU Terorisme
Kivlan Minta TNI Dilibatkan dalam RUU Terorisme
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments