Thursday, October 21, 2021
Home ENERGI UMUM KKP Gandeng PLN Sediakan Listrik di 12 Pulau Kecil

KKP Gandeng PLN Sediakan Listrik di 12 Pulau Kecil

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menggandeng PT PLN (Persero) guna memenuhi kebutuhan tenaga listrik di setiap lokasi Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT).

Dalam hal ini, PLN akan menyediakan listrik di 12 pulau kecil serta kawasan perbatasan yang meliputi Natuna, Saumlaki, Merauke, Mentawai, Nunukan, Talaud, Morotai, Biak Numfor, Mimika, Rote Ndao, Sumba Timur dan Sabang.

Nantinya, project ini juga akan digunakan untuk pengoperasian cold storage, tempat singgah nelayan, pabrik es, sumur, gudang rumput laut hingga tambak serbaguna.

Project ini bukan project besar, semuanya dalam angka kecil. Tapi memang ditempatkan di banyak lokasi yang disesuaikan dengan geografis kita,” ujar Menteri Susi di Jakarta, Sabtu (17/6).

Susi menerangkan bahwa pasokan tenaga listrik ini akan bersumber dari baterai maupun diesel. Ia berharap PLN bisa memberikan alternatif seperti ini.

“Kalau diesel itu terkadang masalahnya di bahan bakar. Nah, tempo hari kita melihat adanya baterai-baterai yang besar itu Pak. Kalau kita bisa pasang di beberapa tempat, itu kan bisa dipakai beberapa kali,” terangnya.

Di sisi lain, Direktur Utama PLN, Sofyan Basir, mengatakan bahwa PLN siap mendukung program KKP tersebut dan dapat menyelaraskan kinerjanya dengan visi misi KKP yang sedang membutuhkan proses elektrifikasi.

“Jadi kami harapkan dari pihak Ibu Susi bisa berikan gambaran kepada kami dalam jangka pendek tentang bisnis perikanan. Oleh karena itu, kami bisa mengantisipasi karena elektrifikasi hari ini bisa akan tumbuh sampai akhir 2019 sekitar 97% dan sebagian besar ada di Indonesia bagian Timur,” paparnya.

PLN menargetkan maksimal dalam waktu empat bulan ke depan kebutuhan listrik sudah bisa dipenuhi. Dengan demikian, industri perikanan dan kelautan yang dibangun di kawasan pesisir tersebut bisa segera tumbuh dengan pesat.

 

Sumber : KKP Gandeng PLN Sediakan Listrik di 12 Pulau Kecil
KKP Gandeng PLN Sediakan Listrik di 12 Pulau Kecil
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments