Monday, October 25, 2021
Home Jitu News Klaim Kesejahteraan Petani Meningkat, Pengamat: Coba Lihat di Kampung-Kampung, Apa Petaninya Sejahtera?

Klaim Kesejahteraan Petani Meningkat, Pengamat: Coba Lihat di Kampung-Kampung, Apa Petaninya Sejahtera?

Pengamat Ekonomi Pertanian, Andi Sinulingga, menilai kenaikan kesejahteraan petani yang saat ini digembar-gemborkan Kementerian Pertanian sangat tidak beralasan. Pasalnya, kehidupan masyarakat petani di daerah pedesaan masih tidak menentu dengan kehidupan yang berada di bawah garis kemiskinan.

“Coba saja didata, masyarakat penerima bantuan Kementerian Sosial yang dikategorikan sebagai masyarakat miskin, hampir semuanya adalah masyarakat petani di desa. Jadi klaim kesejahteraan petani meningkat, bagi saya, sangat tidak beralasan,” kata Andi Sinulingga saat dihubungi Jitunews.com, Senin (19/6).

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa kehidupan para petani di daerah masih tidak menentu. Mereka hanya mengharapkan hasil panen yang juga sampai saat ini tidak menentu.

Andi sendiri mempertanyakan data Kementerian Pertanian yang mengklaim bahwa saat ini kehidupan para petani sudah sejahtera. “Data itu dari mana, coba lihat di kampung-kampung, tanya kepada petani apakah mereka sejahtera, rata-rata anak-anak mereka sulit untuk sekolah, bagaimana bisa di bilang sejahtera,” katanya.

Ia berharap agar setiap bentuk klaim dari pemerintah selalu berdasarkan data yang riil dari petani.

“Turun ke petani, tanya dan lihat kehidupan mereka apakah sejahtera atau tidak. Kalau belum sejahtera akui bahwa petani saat ini masih belum sejahtera,” tukasnya.

 

 

Sumber : Klaim Kesejahteraan Petani Meningkat, Pengamat: Coba Lihat di Kampung-Kampung, Apa Petaninya Sejahtera?
Klaim Kesejahteraan Petani Meningkat, Pengamat: Coba Lihat di Kampung-Kampung, Apa Petaninya Sejahtera?
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments