Sunday, April 18, 2021
Home Nasional Komisi II Minta Pemerintah Buka Daftar Nama Petugas KPPS Meninggal

Komisi II Minta Pemerintah Buka Daftar Nama Petugas KPPS Meninggal

Wakil Ketua Komisi II DPR Mardani Ali Sera mendesak pemerintah untuk mengumumkan 440 nama korban Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang meninggal saat melaksanakan tugasnya. Hal itu, kata dia, perlu dilakukan karena para anggota KPPS itu adalah pejuang demokrasi.

“KPU harus segera umumkan 440 korban petugas KPPS yang meninggal mulai dari nama, alamat dan posisi tugas (PPS atau PPK),” kata Mardani dalam keterangan tertulisnya, Senin (6/5).

Mardani menilai kejadian ini harus dianggap sebagai bencana demokrasi. Sebab jumlah korban yang meninggal cukup banyak.

“Jumlah seperti itu banyak, seperti korban bencana,” ungkapnya.

Politikus PKS ini juga mendesak Presiden Joko Widodo atau Jokowi untuk segera bertindak atas semakin banyaknya korban KPPS yang meninggal. Salah satunya dengan cara menurunkan petugas medis untuk memantau kesehatan petugas KPPS.

“Pak Presiden yang terhormat, tolong segera menyediakan anggaran darurat untuk turunkan petugas kesehatan melakukan pendampingan kepada seluruh KPPS hingga selesai perhitungan suara berlangsung,” ucapnya.

Menurutnya tidak cukup jika presiden hanya menungkapkan belasungkawa. Tetapi harus juga memberikan langkah konkret.

“Tidak cukup dengan berucap berduka cita, Saya mendesak segera minta anggaran darurat melalui Menteri Keuangan (Menkeu) dan koordinasi dengan Menteri Kesehatan (Menkes) untuk menerjunkan tenaga kesehatan,” tandasnya.

 

 

Sumber : Merdeka.com

 

Most Popular

Recent Comments