Monday, September 27, 2021
Home Nasional Komisi III Tanyakan Surat Izin, Basaria: KPK Tidak Perlu Meminta Izin untuk...

Komisi III Tanyakan Surat Izin, Basaria: KPK Tidak Perlu Meminta Izin untuk Menyita

Anggota Komisi III DPR, Junimart Girsang menyinggung KPK yang tidak meminta izin ketika melakukan penyitaan dalam tindak pidana korupsi. Pernyataan tersebut terkait dengan operasi tangkap tangan yang dilakukan oleh KPK di Pamekasan.

“Di mobil, HP-nya diminta, tanpa surat perintah. Itu dikuasai oleh penyelidik KPK hampir 24 jam dan diserahkan kembali di Polda Jatim tanpa surat atau berita acara penyitaan. HP tersebut dikembalikan kepada kasi intel dan pidsus, lalu diminta kembali dengan dasar tanda tangan BAP,” ucap Junimart di gedung DPR, Senin (11/9).

KPK dengan tegas mengatakan pihaknya tidak perlu meminta izin untuk menyita barang dari para tersangka. Wakil Ketua KPK, Basaria Pandjaitan menjelaskan OTT di Pamekasan berdasarkan alat bukti yang dinilai cukup.

“Kami akan bahas soal OTT Pamekasan soal penyitaan HP. Kami coba jelaskan Pasal 47 UU Nomor 30 atas dasar dugaan bukti permulaan yang cukup. Penyidik bisa melakukan penyitaan tanpa izin. Jadi KPK tidak perlu meminta izin dalam melakukan penyitaan,” papar Basaria.

KPK bisa menyita barang atau alat yang diyakini sebagai media untuk melakukan tindakan korupsi. Karena nantinya barang sitaan tersebut untuk kepentingan pemeriksaan.

“Dalam hal tertangkap tangan, patut diduga sebagai hal atau alat yang digunakan melakukan tindak pidana korupsi. Karena itu, kita bisa kuasai alat bukti tersebut untuk proses pemeriksaan,” ujar Basaria.

 

Sumber : Komisi III Tanyakan Surat Izin, Basaria: KPK Tidak Perlu Meminta Izin untuk Menyita
Komisi III Tanyakan Surat Izin, Basaria: KPK Tidak Perlu Meminta Izin untuk Menyita
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments