Tuesday, October 19, 2021
Home Nasional Komisi VIII DPR: Sekaliber Ketua MPR pasti ada data cukup sebut 5...

Komisi VIII DPR: Sekaliber Ketua MPR pasti ada data cukup sebut 5 fraksi dukung LGBT

Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Zulkifli Hasan yang juga Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) bikin heboh dengan pernyataannya yang menyebutkan ada lima fraksi di DPR mendukung perilaku Lesbian, Gay, Biseksual, dan Transgender (LGBT). Ketua Komisi VIII DPR Ali Taher Parasong yakin Zulkifli Hasan tak asal sembarangan menyebut ada lima fraksi yang mendukung LGBT.

Ali yang merupakan rekan satu partai dengan Zulkifli Hasan itu yakin punya data yang tepat terkait hal tersebut sehingga dia yakin ketua umumnya itu tak asal bicara. Dia pun yakin pernyataan tersebut bukan sebagai ajang pencitraan seperti yang dituduhkan apalagi sebagai langkah mengalihkan isu mahar dalam Pilkada yang tengah heboh diperbincangkan dalam beberapa waktu terakhir.

“Saya kira kita menunggu klarifikasi Pak Zul. Kita menunggu karena beliau pasti punya alasan-alasan yang cukup untuk menyampaikan itu. Jadi kita tunggu saja. Kalau kita ada hal mengaitkan pencitraan dan isu mahar Pilkada saya kira tidak sejauh itu lah, karena paham sekali di internal partai beliau orang yang responsif terhadap isu sosial politik dan ekonomi sehingga kemungkinan menurut saya ini terlalu dibesar-besarkan,” kata Ali saat dihubungi merdeka.com, Senin (22/1).

“Sekaliber Ketua MPR pasti ada data-data cukup sebut itu (5 Fraksi dukung LGBT).”

Menurut Ali, pernyataan Zulkifli Hasan tersebut justru positif. Sebab, pernyataan itu seolah mengingatkan bahwa eksistensi LGBT di tanah air semakin meluas. Dia menyebutkan mereka pelaku LGBT banyak yang berupaya mencari ruang untuk ‘diakui’.

“Kalau mau jujur justru ada hikmah positif pernyataan itu dari bahwa memang fenomena LGBT dalam masyarakat kit mereka ingin melegitimasi untuk eksistensi mereka. Sementara dari sudut pandang dan agama budaya sosial bahkan persoalan hukum enggak ada alasan untuk memberi ruang bagi mereka,” ujarnya.

Anggota Komisi III DPR dari Fraksi PDIP Arteria Dahlan menantang Zulkifli Hasan membuktikan lima fraksi di DPR yang disebut pro LGBT. Dia menilai pernyataan Ketum PAN itu dapat menyesatkan pemahaman publik. Ali Taher tak sepakat jika Zulkifli Hasan untuk buka-bukaan. Dia menilai apabila lima fraksi diungkap justru nantinya akan bermuatan politis.

“Saya kira masih ada jalan enggak bisa begitu, orang juga punya etika politik. orangkorupsi aja dibiarin. Jangan ditanggapi negatif, ini persoalan bangsa, ini kan karena beliau berani bicara. Itu kan reaksi begitu saya paham. Tapi tidak sejauh itu, ada persoalan kemiskinan, persoalan pendidikan yang perlu diprioritaskan,” ujar Ali.

Arteria Dahlan menyebutkan, tidak ada pembahasan terkait RUU LGBT, melainkan pembahasan perluasan tindak pidana perzinaan dan pemerkosaan dalam RUU KUHP. Dia mengaku dalam pembahasan tersebut, tidak ada satupun fraksi yang mendukung LGBT.

Dia justru menyebut Fraksi PAN tidak hadir ketika rapat membahas poin tersebut.

“Justru di balik sama bang Zul. Bang Zul bilang ini segala. Buka aja tuh daftar hadir rapat, masih ada rekaman rapat, masih ada rekaman rapat, risalah persidangan juga. Ada itu mengubah redaksi hubungan seksual laki-laki perempuan menjadi segala bentuk aktivitas seksual bisa dilakukan laki-laki atau perempuan kan lebih luas, termasuk LGBT,” jelas dia.

Zulkifli Hasan sebelumnya menyebutkan ada lima fraksi di DPR yang menyetujui perilaku lesbian, gay, biseksual, dan transgender (LGBT).

“Saat ini di DPR sedang dibahas soal undang-undang LGBT atau pernikahan sesama jenis. Sudah ada lima partai politik menyetujui LGBT,” kata Zulkifli.

Namun Zulkifli enggan menyebutkan lima fraksi itu. Dia memastikan Fraksi PAN di DPR menolak.

Pria yang juga Ketua Umum Partai PAN itu mengatakan hal itu menunjukkan adanya kesenjangan politik di Indonesia di mana keinginan masyarakat berlawanan dengan keinginan DPR yang harusnya mewakili suara rakyat.

“Saat ini masih terjadi juga kesenjangan politik. Kesenjangan politik seperti apa? Ya lihat saja masyarakat maunya A, tapi partai politik di DPR maunya B,” ujar dia.

 

 

Sumber : https://www.merdeka.com/peristiwa/komisi-viii-dpr-sekaliber-ketua-mpr-pasti-ada-data-cukup-sebut-5-fraksi-dukung-lgbt.html

Most Popular

Recent Comments