Tuesday, July 27, 2021
Home Nasional Komisi XI: Ketergantungan Impor Bikin Neraca Perdagangan Indonesia Minus

Komisi XI: Ketergantungan Impor Bikin Neraca Perdagangan Indonesia Minus

Wakil Ketua Komisi XI DPR RI, Achmad Hafisz Tohir, megatakan, gaya hidup masyarakat Indonesia yang gemar mengkonsumsi produk luar negeri adalah salah satu sebab yang membuat nilai rupiah terus melemah terhadap mata uang dolar (USD).

“Dolar itu kenapa dia naik? Karena kita tidak punya slot cukup banyak dolar ke dalam negeri. Dolarnya keluar negeri terus karena kita banyak impor pakai USD, sedangkan ekspor kita tidak menghasilkan dolar yang cukup, makanya dolar jadi naik,” ujar Hafisz di Jakarta, Minggu (3/6).

Menurutnya, hal tersebut diperparah dengan langkah Amerika Serikat yang baru saja menaikkan suku bunga The Fed.

“Kebetulan memang Amerika membuat strategi baru menaikan suku bunga dia sehingga orang lebih banyak nyimpen duit di Amerika. Ditambah dengan itu makin tambah naik,” jelasnya.

Oleh karena itu, Hafisz menyimpulkan, dua kemungkinan rupiah terus terdepresiasi. Dimana, yang pertama dikarenakan Amerika memang melakukan sentimen terhadap keuangannya. Dan yang kedua, karena Indonesia gagal di dalam pengelolaan neraca perdagangan.

“Tahun ini neraca perdagangan kita tidak berhasil, minus,” beber Hafisz.

Politisi PAN ini mencatat, cadangan devisa negara hari ini hanya sekitar Rp 124 miliar. Dimana, ada sekitar Rp 8 miliar yang tergerus, selama 23 bulan. Belum lagi pemerintah mencetak bon sebanyak Rp 3 miliar, artinya ada Rp 11 miliar dolar uang negara tergerus akibat tekanan global.

“Jadi hati-hati kalau kita tidak membangun industri yang baik. Kalau kita tidak berhasil mengatasi defisit didalam negeri dengan mengimbangi ekspor sehingga neraca perdagangan kita positif maka dolar akan terus menggerogoti kita,” pungkasnya.

Sumber : Komisi XI: Ketergantungan Impor Bikin Neraca Perdagangan Indonesia Minus
Komisi XI: Ketergantungan Impor Bikin Neraca Perdagangan Indonesia Minus
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments