Friday, September 24, 2021
Home Nasional Komisioner KPU dari Parpol Potensi Lahirkan Pemilu Tak Independen

Komisioner KPU dari Parpol Potensi Lahirkan Pemilu Tak Independen

Posisi komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) diwacanakan bakal ditambah dengan memasukan unsur dari partai politik. Lantas, salah seorang komisioner KPU Ferry Kurnia Rizkiyansyah langsung menanggapi hal tersebut.

Bagi Ferry, wacana tersebut sesungguhnya tidak bisa dilakukan. Mengingat, dalam proses pemilihan umum posisi KPU adalah sebagai wasit yang baik serta terlepas dari keberpihakan.

“Penyelenggara pemilu lebih baik dari kalangan independen. Yakni orang-orang yang tidak punya kepentingan atau afiliasi dengan partai atau apapun,” demikian ucap Ferry kepada media di Jakarta, Jumat (24/3).

 

Sesungguhnya, ucap Ferry, wacana tersebut bukanlah hal baru. Terlebih hal tersebut pernah tertuang dalam undang-undang sebelumnya, namun langsung ditentang oleha para penggiat pemilihan umum.

Hingga pada akhirnya Mahkamah Konstitusi (MK) membatalkan tentang ketentuan penyelenggara pemilu dari parpol yang tertuang dalam surat keputusan No 81 Tahun 2011.

“Jadi semua sudah ada ketentuannya. Itu yang mendasari bahwa masa tugas komisioner KPU selama lima tahun dan tidak ada komisioner yang berasal dari parpol,” sahut Ferry menambahkan.

Seperti diketahui, Panitia Khusus RUU Pemilu di parlemen kembali mengajukan wacana yang mana akan ada penambahan keanggotan KPU yang berasal dari partai politik. Menariknya, para wakil rakyat kembali mewacanakan hal tersebut setelah kembali dari sebuah kunjungan kerja ke Meksiko dan Jerman.

Hal itu juga dibenarkan oleh Ketua Pansus RUU Pemilu, Lukman Edi usai menggelar rapat pansus RUU Pemilu pada Selasa (21/3).

“Itu wacana yang berkembang, ini kan laporan yang disampaikan tim Meksiko dan yang disampaikan tim Jerman, sama. Meksiko dan Jerman sama seperti itu,” ungkap Lukman.

Menurutnya ada dua opsi dari berkembangnya wacana tersebut yakni anggota partai politik menjadi unsur keanggotaan KPU, dan adanya perwakilan partai politik dalam pleno-pleno KPU.

Ferry lantas menilai, bakal terjadi pembahasan yang alot dan rumit di DPR terkait penambahan komisioner dari kalangan partai politik tersebut. Belum lagi nantinya bakal ada perlawanan yang besar pula dari para penggiat pemilu.

@jitunews http://www.jitunews.com/read/55526/komisioner-kpu-dari-parpol-potensi-lahirkan-pemilu-tak-independen#ixzz4cDVGxgpg

Most Popular

Recent Comments