Sunday, October 24, 2021
Home Nasional Komputer Diserang Malware WannaCry, Lakukan Ini!

Komputer Diserang Malware WannaCry, Lakukan Ini!

Indonesia menjadi salah satu negara yang mengalami serangan siber beberapa waktu terakhir. Di Indonesia, berdasarkan laporan yang diterima oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika, serangan ditujukan ke Rumah Sakit Harapan Kita dan Rumah Sakit Dharmais.

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika, Semuel A. Pangerapan menyampaikan serangan siber ini bersifat tersebar dan masif serta menyerang critical resource (sumber daya sangat penting), maka serangan ini bisa dikategorikan teroris siber.

Semmy menjelaskan serangan siber yang menyerang Indonesia berjenis ransomware. Ransomware adalah sebuah jenis malicious software atau malware yang menyerang komputer korban dengan cara mengunci komputer korban atau meng-encrypt semua file yang ada sehingga tidak bisa diakses kembali.

Dalam keterangan yang dirilis Kemenkominfo, pengguna komputer perlu melakukan beberapa langkah berikut untuk tindakan pencegahan dari terinfeksi malware ransomare jenis wannacry. Antara lain; Cabut Kabel LAN/Wifi, Lakukan Backup Data, Update Anti-Virus, Update security pada windows anda dengan install Patch MS17-010 yang dikeluarkan oleh microsoct.

Juga disarankan agar jangan mengaktifkan fungsi macros, Non aktifkan fungsi SMB v1, Block 139/445 & 3389 Ports dan selalu backup file file penting di komputer anda dan di simpan backupnya ditempat lain.

Saat ini belum ada solusi yang paling cepat dan jitu untuk mengembalikan file file yang sudah terinfeksi wannacry. Akan tetapi memutuskan sambungan internet dari komputer yang terinfeksi akan menghentikan penyebaran wannacry ke komputer lain yang rentan vulnerable.

Sebagai tambahan yang sangat penting, ID-SIRTII menghimbau agar pada hari Senin besok dan kantor akan buka, mohon diwaspadai ancaman ini dan melakukan hal-hal berikut, antara lain: agar PC-PC dan bentuk Komputer Personal dan Jaringan lainnya jangan terhubung ke LAN dan Internet dulu, Terlebih dahulu lakukan backup data penting, Pastikan software anti virus sudah update serta security patch yang disarankan oleh microsoft dilakukan terlebih dahulu.

 

@jitunews http://jitunews.com/read/58636/komputer-diserang-malware-wannacry-lakukan-ini#ixzz4h8M8smcC

Sumber : Komputer Diserang Malware WannaCry, Lakukan Ini!
Komputer Diserang Malware WannaCry, Lakukan Ini!
Jitunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments